Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Pentingnya Pengetahuan Engine Check Vixion

Why.....senin malam kaget juga saat riding mau melambatkan sang motor (dah mau hampir berhenti sih), seperti biasa tarik kopling, rem belakang depan diaktifkan. Tiba-tiba…..bleg…getaran motor tak ada….rpm menunjuk angka NOL….suara knalpot mati….?lho kok mati, ono opo iki?Berusaha untuk tidak panik, tetep tarik tuas kopling, nunggu Engine check  dan Indikator suhu menyala dan mati kembali kemudian  mulai menstarter. Gagal, wah alamat mogok nih (kondisi dah berhenti total), pasang sein minta jalan untuk nepi. Didorong lah motor menepi.

Yah semacam ini kejadiannya.........

Setelah menunggu beberapa detik ternyata indikator Engine Check yang kuning tetap menyala mati terus, wah ada apa ini?(masih belum ngeh). Setelah dipaksa starter, alhamdulillah menyala. Engine Check dah g nyala lagi. Yo wes jalan lagi, walopun masih was2 ada trouble. Akhirnya sampe kosan dengan selamat. Sampe disini kelupaan nyari info Engine Check/baca buku manual.
Saat berangkat kerja Selasa pagi, kejadian tidak mengenakkan kembali terjadi lagi kebetulan lokasinya hampir sama seperti kejadian seni malam yaitu di pasar minggu, tapi tidak sampai mati mesin. Waktu itu Engine Check kuning menyala terus wah ada apa lagi ini?. Nyalain sein ……Menepi lagi, matikan mesin kemudian mencoba Check Engine lagi, karena agak panik, lupa menghitung  Engine Check, yang terlintas malah bengkel. Lha beres mana yang buka jam7 pagi, ngurusin injeksi bengkel pinggir jalan aja dah nyerah. Waktu itu masih ragu2 apakah bisa menyala atau tidak. Akhrinya memberanikan diri untuk menyalakan mesin. Nyala…!!!wah klo gitu yang salah bagian mana ya?mana g bawa buku manual. Bismillah aja jalan, klo ngadat ya terpaksa g ngantor….. Alhamdulillah bisa sampai di kantor.
Coba cari wangsit ke mbah Google, dapet 2 tabel yang tak rasa bisa menggambarkan kemungkinan bagian yang trouble sang motor. Berikut tabel pertamanya:

Bagian yang tak curigai di Kelistrikan FI gak normal
Kenapa bagian itu yang dicurigai?karena ada tabel lain yang saya menguatkan dugaan itu:

Yang tak tangkep dari tebel ini; efek dari kondisi mesin tabel sebelumnya
Dari kedua tabel, indikasi saya mengarah ke supply power FI tidak stabil. Setelah menimbang kejadian yang menimpa sang motor, Ternyata ada benarnya, sewaktu berhenti di lampu merah tak sengaja saya melihat penunjuk rpm motor langung ngdrop ke angka NOL saat iseng menarik tuas rem depan/belakang. Wah berati g stabil nih kelistrikannya, trus mencoba matikan lampu besar (lampu senja masih nyala), rpm pun kembali normal. Untuk mengakalinya tak coba untuk manasin motor agak lama dan menjaga putaran rpm agar g jatuh lebih cepat. Tujuannya ya buat ng”charge” batre aki biar daya-nya bisa “melayani” kebutuhuan listirk part2 yang ada. Lebih lengkapnya mungkin kudu di bawa ke beres………dan klo tahu tentang ini (engine check) akan mempermudah memberitahu ke mekanik kondisi trouble sang motor.
Pernah ngalamin?

Seb Ref : Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar