Why.....senin malam kaget juga saat riding mau melambatkan sang motor (dah mau hampir berhenti sih), seperti biasa tarik kopling, rem belakang depan diaktifkan. Tiba-tiba…..bleg…getaran motor tak ada….rpm menunjuk angka NOL….suara knalpot mati….?lho kok mati, ono opo iki?Berusaha untuk tidak panik, tetep tarik tuas kopling, nunggu Engine check dan Indikator suhu menyala dan mati kembali kemudian mulai menstarter. Gagal, wah alamat mogok nih (kondisi dah berhenti total), pasang sein minta jalan untuk nepi. Didorong lah motor menepi.
Setelah menunggu beberapa detik ternyata indikator Engine Check yang kuning tetap menyala mati terus, wah ada apa ini?(masih belum ngeh). Setelah dipaksa starter, alhamdulillah menyala. Engine Check dah g nyala lagi. Yo wes jalan lagi, walopun masih was2 ada trouble. Akhirnya sampe kosan dengan selamat. Sampe disini kelupaan nyari info Engine Check/baca buku manual.
Saat berangkat kerja Selasa pagi, kejadian tidak mengenakkan kembali terjadi lagi kebetulan lokasinya hampir sama seperti kejadian seni malam yaitu di pasar minggu, tapi tidak sampai mati mesin. Waktu itu Engine Check kuning menyala terus wah ada apa lagi ini?. Nyalain sein ……Menepi lagi, matikan mesin kemudian mencoba Check Engine lagi, karena agak panik, lupa menghitung Engine Check, yang terlintas malah bengkel. Lha beres mana yang buka jam7 pagi, ngurusin injeksi bengkel pinggir jalan aja dah nyerah. Waktu itu masih ragu2 apakah bisa menyala atau tidak. Akhrinya memberanikan diri untuk menyalakan mesin. Nyala…!!!wah klo gitu yang salah bagian mana ya?mana g bawa buku manual. Bismillah aja jalan, klo ngadat ya terpaksa g ngantor….. Alhamdulillah bisa sampai di kantor.
Coba cari wangsit ke mbah Google, dapet 2 tabel yang tak rasa bisa menggambarkan kemungkinan bagian yang trouble sang motor. Berikut tabel pertamanya:
Bagian yang tak curigai di Kelistrikan FI gak normal
Yang tak tangkep dari tebel ini; efek dari kondisi mesin tabel sebelumnya
Pernah ngalamin?
Seb Ref : Google
Tidak ada komentar:
Posting Komentar