Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Regulator Yamaha Vixion Oblak, Aki Drop, Cuman Tahan Setahun…!!!

Regulator
Regulator Vixion
Yamaha Vixion saya sudah berumur 6 tahun lebih. Untuk sebuah motor, umur teknis part2 sudah mulai waktunya diganti. Suatu ketika pas lagi berkendara & berhenti di lampu merah, tiba2 lampu check engine menyala. Nyala lampu check engine terus manteng alias tak berkedip2. Gejala itu kemudian hilang seiring motor melajur. Kejadian ini kembali terulang keesokan harinya dengan frekuensi lebih sering namun diiringi dengan RPM drop & mesin rada brebet…!!!
Melihat gejala tersebut, vonis langsung ditujukan ke aki. Pengalaman2 sebelumnya ketika aki dah waktunya ganti menunjukkan gejala seperti itu. Namun yang membuat sedikit heran yakni aki yang saya pakai masih berumur 1 tahunan. Lazimnya umur aki bisa sampai 2 hingga 3 tahun. Tentu saja hal ini gak wajar.
??????????
Regulator oblak, aki jadi korban, cuman tahan 1 tahun…!!!
Cek di bengkel resmi, aki sudah gak sehat karena pengisian arus listrik terganggu. Vonis ditujukan ke regulator. Yup, regulator berfungsi untuk mengisi arus listrik ke aki. Jika suplai arus listrik terganggu tentu berakibat aki. Aki soak berakibat kinerja ECU terganggu, hal ini yang membuat mesin gak stabil. Sensor2 di mesin pada terganggu & alhasil lampu check engine menyala. Bensin pun jadi boros…!!! Oh ya, kinerja ECU sangat tergantung pada aki. Aki kudu sehat wal afiat…!!!
Harga aki maintenance free (MF) buat Vixion Rp200rb plus regulator assy Rp275rb. Hiksss…!!!

Post by : blogyamitra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar