Yamaha Vixion saya sudah berumur 6 tahun lebih. Untuk sebuah motor, umur teknis part2 sudah mulai waktunya diganti. Suatu ketika pas lagi berkendara & berhenti di lampu merah, tiba2 lampu check engine menyala. Nyala lampu check engine terus manteng alias tak berkedip2. Gejala itu kemudian hilang seiring motor melajur. Kejadian ini kembali terulang keesokan harinya dengan frekuensi lebih sering namun diiringi dengan RPM drop & mesin rada brebet…!!!
Melihat gejala tersebut, vonis langsung ditujukan ke aki. Pengalaman2 sebelumnya ketika aki dah waktunya ganti menunjukkan gejala seperti itu. Namun yang membuat sedikit heran yakni aki yang saya pakai masih berumur 1 tahunan. Lazimnya umur aki bisa sampai 2 hingga 3 tahun. Tentu saja hal ini gak wajar.
Cek di bengkel resmi, aki sudah gak sehat karena pengisian arus listrik terganggu. Vonis ditujukan ke regulator. Yup, regulator berfungsi untuk mengisi arus listrik ke aki. Jika suplai arus listrik terganggu tentu berakibat aki. Aki soak berakibat kinerja ECU terganggu, hal ini yang membuat mesin gak stabil. Sensor2 di mesin pada terganggu & alhasil lampu check engine menyala. Bensin pun jadi boros…!!! Oh ya, kinerja ECU sangat tergantung pada aki. Aki kudu sehat wal afiat…!!!
Harga aki maintenance free (MF) buat Vixion Rp200rb plus regulator assy Rp275rb. Hiksss…!!!
Post by : blogyamitra
Panduan Perawatan dan Perbaikan / Servis dan Reparasi Sepeda Motor Segala Merk agar awet, aman dan nyaman dikendarai
Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari
Regulator Yamaha Vixion Oblak, Aki Drop, Cuman Tahan Setahun…!!!

Artikel Terkait / Related Posts :

Pentingnya Pengetahuan Engine Check Vixion
Why.....senin malam kaget juga saat riding mau melambatkan sang ...

Bedah Teknologi Yamaha New Vixion Lighning NVL
Teknologi Yamaha V Ixion NVLlanjut top engine ( engine atas :D )1. termost ...

Lampu MIL V-Ixon Sama Sekali Mati
Sumber gambar : http://www.saft7.com/sharing-pasang-accu-tambahan-motor/As ...
Label:
V IXION
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar