TPS berfungsi memantau posisi throttle (bukaan gas) dan diteruskan pada sistem pengapian (ignition timing) dengan sistem elektronik. Dengan demikian waktu pembakaran dapat berlangsung dengan tepat dan sempurna dengan putaran mesin dan pasokan bahan bakar.
Keuntungan TPS pada sepeda motor adalah akselerasi lebih spontan pemakain bahan bakar lebih hemat, dan kadar emisi gas buang lebih rendah.
1. Pemeriksaan TPS tahap I
i. Lepaskan kabel coupler dari TPS.
ii. pasangkan pocket tester (1 K ohm) pada TPS
Kabel positif pocket tester ke terminal coupler biru (L).
Kabel negatif pocket tester ke terminal kabel biru/hitam (B/L).
iii. Ukur tahanan TPS.
Tahanan TPS
3.5 – 6.5 k ohm pada suhu 20o C (68o F) (biru-hitam/biru)
Diluar spesifikasi > Ganti TPS
2. Pemeriksaan TPS tahap II
i. Pasangkan coupler kabel pada TPS.
ii. Pasangkan pocket tester (ohm x 1 k) pada kabel TPS
Kabel positif pocket ke terminal coupler kuning (Y).
Kabel negatif pocket ke terminal kabel hitam/biru (B/L).
iii. Secara perlahan buka handle gas dan periksa perubahan tahanan TPS (sesuai dengan batasan spesifikasi).
iv. Jika tahanan tidak berubah atau berubah secara kasar > ganti TPS.
CATATAN
Perubahan tahanan terjadi pada saat handle gas dibuka secara perlahan (baca perubahan tahanan dari saat handle gas ditutup hingga handle gas terbuka penuh).
Tahanan TPS
0-5 k ohm (kurang lebih 1.5) pada suhu 20 derajat Celcius (kuning-hitam/biru).
3. Menyetel sudut posisi Throttle Position Sensor
CATATAN
Sebelum menyetel sudut posisi Throttle Position Sensor, setel lebih dulu putaran langsam mesin sesuai spesifikasi.
i. Pasangkan coupler kabel pada TPS.
ii. Pasangkan pocket tester digital pada kabel TPS.
Kabel positif tester ke terminal kuning.
Kabel negatif tester ke terminal hitam/biru (B/L).
Pocket tester digital/digital circuit tester 90890-03174.
iii. Putar kunci kontak pada posisi "ON".
iv. Periksa voltase TPS.
v. Setel posisi sudut TPS dengan cara mengukur voltase (harus dalam batasan voltase di bawah ini).
Voltase Throttle Position sensor.
0,63-0,73 Volt (kuning-hitam/biru).
vi. Setelah mengetahui sudut posisi sensor yang tepat, dengan melihat besarnya voltase, kecangkan baut pengikat TPS dengan benar.
CATATAN
Jika pemasangan sudut TPS tidak tepat, hal ini akan mengakibatkan akselerasi tersendat, bahan bakar boros, dan kadar emisinya yang tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar