Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Saluran Pernapasan Karburator Tersumbat Memicu Motor Mbrebet

Sobat Bengkel Motor. Ventilasi / saluran udara membuat sirkulasi udara di dalam sebuah ruangan menjadi lancar. Beda halnya jika ventilasi tertutup maka orang yang berada di dalam ruangan akan kesulitan untuk bernapas. Pada Karburator motor juga terdapat ventilasi / saluran pernapasan, Namanya saluran pernafasan, kalo tersumbat ya bisa tercekik, sehingga memicu motor mbrebet.


Saluran Pernapasan Karburator Tersumbat Memicu Motor Mbrebet

Saluran pernapasan / ventilator pada karburator berbentuk sebuah lubang yang berfungsi untuk menjaga tekanan udara di dalam floating chamber alias ruang pelampung. Saluran tersebut terhubung dengan udara luar sehingga tekanan yang ada didalam ruang pelampung sama dengan tekanan pada udara luar.
Dengan tekanan yang sama dengan udara luar menjadikan bahan bakar lancar mengalir ke dalam ruang bakar. akan menjadi masalah saat saluran pernapasan tersebut tersumbat atau tertutup sehingga udara luar tidak bisa terhubung dengan ruangan dalam karburator. Jika saluran tersebut sampai tertutup akan menyebabkan ruang dalam karburator yang berisi bahan bakar menjadi vakum, jika sampai vakum akan berakibat bahan bakar tidak akan bisa tertarik secara sempurna, sehingga kinerja mesin akan terganggu. Hal inilah yang menyebabkan motor menjadi mbrebet. 

Cara mengatasi saluran pernapasan karburator tersumbat

Untuk menghindari tersumbatnya saluran pernapasan karburator biasanya pada saluran ini dihubungkan dengan sebuah selang sehingga bisa terhindar dari kotoran maupun air yang bisa masuk ke dalam ruang karburator. Selang tersebut yang terhubung ke ventilator fungsinya vital sehingga kita juga harus selalu menjaga kondisinya dari kotoran menempel yang disebabkan oleh debu, oli maupun air hujan ataupun air saat kita mencuci sepeda motor. Pastikan untuk meniup dengan udara tekan atau kompresor saat memlakukan servis karburator untuk memastikan saluran pernapasan tidak tersumbat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar