 |
bore up Mio series |
Ingin melakukan bore up pada motor Mio, Mio J, Mio Soul, Fino dan varian Mio lainnya tanpa perbesar crankcase dapat dilakukan. Yang penting adalah tebal liner yang digunakan masih mencukupi untuk harian dan pemasangan yang pas. Keuntungan mesin Mio sejenisnya sendiri adalah lubang crankcase yang sudah lebar. Selain itu, ya harus ganti liner menyesuaikan diameter piston yang digunakan.
 |
diameter lubang crankcase sekitar 63.46 mm |
Diameter lubang crankcase terbaca 63.46 mm pada jangka sorong digital. Sehingga, untuk bore up Mio tanpa perbesar crankcase dapat menggunakan liner yang memiliki diameter luar setebal 63.46 - 1 = 62.5 mm. Ini masih liner nya saja dan masih belum diameter piston nya.
 |
tebal boring aman 1.5 mm x 2 = 3 mm |
Boring atau liner sendiri harus ganti menyesuaikan dengan diameter piston. Jika ingin menggunakan piston 58 mm seperti milik Sonic, maka diameter luar boring maksimal 62.5 - 58 mm = 4.5 mm dan dibagi dua sebagai tebal boring kiri kanan adalah 2.25 mm. Jika ingin oversize boring atau liner tadi, maka ukuran maksimalnya adalah minimal tebal boring 1.5 mm kiri kanan, yaitu 62.5 - 3 = 59.5 mm atau piston Sonic oversize 150.
 |
piston dapat menggunakan ukuran 59.5 mm |
Sip kalo tulis artikel harus bener, jangan ngada-ngada apalagi sok tau. Mantap buat penulis,
BalasHapusYng bnr 61 apa 63 ?
BalasHapusKalau saya mau bikin diameter 63 aman ngk buat harian
BalasHapus63.46 itu ukuran lubang crankcasenya, untuk amannya diameter terluar boringan 62mm. Saran pakai piston dibawh 60 mm, agar liner boringannya ga terlalu tipis
HapusSaya ukur diameter crankcase nya 61 mm bang
Hapusbang mau nanya kalo mio m3 mau pake seher ukuran 55mm apa harus di perbesar krankes
BalasHapusBiasanya sih engga perlu gan, cuma naik +-3 mm dari bawannya,
Hapusbang mau tanya, kalo mau ganti liner 58mm butuh belah crankcase buat bubut yg ngganjal didalemnya gak ya?
BalasHapus