Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Cara Menyetel Kopling Sepeda Motor Bebek

Sobat Bengkel Motor, Tips kali yang akan saya bagikan kali ini adalah cara menyetel kopling semi otomatis sepeda motor bebek honda supra... walaupun judulnya honda tapi cara ini dapat digunakan pada semua jenis sepeda motor bebek dengan kopling semi otomatis.

Perlu diketahui kopling adalah komponen sepeda motor yang berfungsi untuk meneruskan / memindahkan dan memutuskan tenaga putar mesin ke transmisi yang selanjutkan menggerakkan roda gigi - rantai - roda sehingga sepeda motor dapat berjalan. Agar motor dapat berjalan anda harus memasukkan / menginjak presneling, saat anda mulai menginjak presneling berarti anda memutuskan hubungan mesin dengan transmisi setelah terasa "klek" berarti gigi transmisi masuk / berpindah saat anda melepaskan injakan itu artinya menghubungkan mesin dengan transmisi. Jenis kopling ini adalah kopling semi otomatis soale masih ada jenis kopling manual dan otomatis.

Kopling harus mampu memutuskan dan menghubungkan mesin dengan transmisi secara lembut dan nyaman, pasalnya sering terjadi masalah saat menginjak presneling diantaranya terasa berat / susah, kasar, terjadi hentakan bahkan bisa -bisa tenaga berkurang atau hilang lantaran kopling tidak meneruskan tenaga dengan baik.
Nah sobat Bengkel Motor jika anda mengalami hal tersebut jangan langsung asal ganti kopling, periksa dulu kopling anda sebelum memutuskan diganti. Periksa atau setel kopling terlebih dahulu siapa tahu setelan kopling tidak beres, tidak usah bingun bagaimana cara menyetelnya, simak tips berikut baik-baik.

Cara menyetel kopling semi otomatis pada motor bebek


  1. Siapkan peralatan, cukup kunci ring 14 dan obeng (-)
  2. Posisikan motor pada standar tengah / utama
  3. Kendorkan mur pengunci baut setelan kopling dengan kunci ring 14 sampai kendor
  4. Putar baut penyetel dengan obeng (-) ke arah kanan (searah jarum jam) sampai terasa ada sentuhan, lalu putar kembali ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam) hingga mentok (terasa ada sentuhan) dan berhenti, selanjutnya putar kembali ke arah kanan (searah jarum jam) sebanyak 1/8  - 1/4 putaran.
  5. Kencangkan kembali mur pengunci dengan kunci ring 14 sambil menahan baut penyetel dengan obeng (-) agar baut tidak ikut berputar. Selesai sudah menyetel kopling sepeda motor bebek mudahkan??

Jangan puas dulu periksa hasil penyetelan anda dengan menghidupkan mesin, masukkan / injak presneling  di gigi 1 dan tahan, lalu putar gas hingga seperempat putaran ( 2000 ) rpm, perhatikan roda belakang tetap diam atau terus berputar? kalo diam itu artinya anda berhasil menyetel kopling sepeda motor, jika terus berputar itu artinya penyetelan belum tepat, silahkan lakukan penyetelan ulang seperti langkah-langkah tersebut di atas.
Lakukan tes jalan dengan memindahkan presneling berulang-ulang, perpindahan gigi harus terasa lembut dan tidak menghentak,... selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar