Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Mx Ngadat

Setelah kemaren sore nerabas hujan gede, eh pagi2nya baru jalan 14 km an tiba2 mesin mbrebet gejala ndut2an, sebelumnya suara klakson mulai serak jadi pelan pertanda aneh.
pas mbrebet, dibarengi dengan gejala lampu suhu kedip2 cepet, ga lama, mesin mulai ndut2an dan akhirnya lama2 mati
Pas nemu bengkel pinggir jalan di daerah letjen suprapto, untung ada alat multitester, lalu sy cek tegangan aki cuma sekitar 6volt saja :o
image
Untung di bengkel Menk Motor, ada alat charger aki, akhirnya setelah di charge
sekitar 15menitan, aki terasa panas artinya masih bagus dan pas dipasang lagi motor pun jalan sedia kala..
image
charger aki seadanya, yg penting bisa nge-charge soalnya udah darurat
Problem :
MX lagi jalan normal tiba2 mbrebet, dibarengi dengan lampu indikator disco(kedip2 cepet), motor jalannya ndut2an, lama2 akhirnya mogok.
Diperkuat lagi dengan matinya suara klakson, tidak bisa stater pencet.
Solusi :
1. Tes tegangan aki dengan multitester, pasti dibawah 12volt, kalau sampe mogok biasanya udah drop sampe 6 volt.
2. Segera charge aki di bengkel terdekat, jika aki MF/kering lebih cepat cuma sekitar 10~15 menit saja, pastikan saat/sesudah dicas aki terasa hangat~panas artinya masih bagus/ngisi. Biar yakin tes lagi dengan multitester pastikan tegangan harus sama dengan atau diatas 12volt.
3.pasang aki kembali ke motor, pencet stater tombol, seharusnya bisa nyala.
4. sambil mesin motor nyala, tes aki lagi dengan multitester, lalu agak gas dikit, cek apakah naik tegangannya, harusnya naik menjadi MAXIMUM 15 Volt.
jika tegangan isi < 13 volt = tegangan diam aki maka kemungkinan besar KIPROK / RECTIFIER mati, atau sambungan soket nya kendor atau kabelnya ada yg putus
jika tegangan isi > 15 Volt, maka kemungkinan besar KIPROK / RECTIFIER korslet, bersiap2 lah CDI akan ikutan tewas juga, lampu2 bisa ikutan, dll. (LEBIH BERBAHAYA YG INI !) :o
akhirnya sy beli KIPROK TIGER KW merk KC di salah 1 online shop yg cukup terkenal karena murmernya, soalnya kalo beli yg ORIGINAL AHM harganya bisa 270 rb an :( . sementara ini cuma ditebus 50rb saja. atau kalau mau yg udah lumayan terkenal bisa coba merk FUKUGAWA/FUKUYAMA / SHINDEGEN. tapi harganya sy kurang tau.
dan ternyata betul juga setelah saya pasang dan coba tes geber gas , ngisi sekitar 14 volt. wah akhirnya tenang masalah sudah terselesaikan :)
image
akhirnya sy pasang kiprok itu ke chassis motor dengan cara dibaut keras biar panasnya tersalurkan, sebelumnya ternyata tidak dibaut ke chassis, kerjaan bengkel modifan deket rumah (dia bilang sih no problem) tapi kenyataannya ? umurnya cuma tahan 1.5 bulan :(
PENYEBAB:
1.KIPROK mati mungkin karena terlalu panas, korslet atau masa pakai (sekitar 3 tahun)
2. SOKET / KABEL konektor kendor / putus / berkualitas jelek.
KESIMPULAN :
1. motor dengan kelistrikan DC ternyata lebih beresiko terkena problem kelistrikan, dan kalau sudah kena bisa bikin repot.
2. KIPROK, AKI harus mendapat perhatian EXTRA, terutama jika KIPROK MATI maka AKI tidak akan ada yg nge-CHARGE, meskipun demikian mesin motor masih bisa hidup untuk beberapa lama, tergantung beban kelistrikan yg digunakan.
3. tapi jika AKI yg mati, maka mesin dipastikan tidak akan bisa hidup, karena pengapian murni ambil listrik dari AKI.
beda dengan sistim AC , meski aki tekor/soak / mati sekalipun , maka mesin masih tetap bisa hidup karena, listrik pengapian masih ambil dari SPUL/GENERATOR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar