Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Cara merawat motor matic agar awet

Sobat Bengkel Motor, tren masa sekarang Motor matic menjadi pilihan yang digunakan kebanyakan masyarakat. Pada awal-awal dikeluarkannya motor matic  sasaran ditujukan bagi konsumen kaum hawa (perempuan) dimana tujuannya kaum hawa dpat mengoperasikan motor dengan mudah tanpa harus mengatur tingkat kecepatan dengan tuas persneling yang memang membutuhkan keahlian, apalagi pada medan yang sulit seperti banyak belokan, tanjakan atau bahkan kemacetan, Trend motor matic ini semakin berkembang karena penggunaannya yang bisa dibilang mudah.
Masyarakat perkotaan yang notabennya memiliki jalanan yang macet sudah pasti memilih motor matic sebagai sarana alat transportasinya tidak terlepas bagi remaja laki-laki atau bahkan bapak-bapak. Semakin berkembangnya teknologi serta desain yang semakin menarik dari motor matic ini membuat semakin banyak saja masyarakat yang memilih jenis motor ini.

Merawat motor matic

Sebagai motor yang bisa dibilang menjadi pilihan masyarakat tentunya motor matic memiliki banyak kelebihan dan kekurangan, sehingga untuk menutupi kekurangan dan memaksimalkan kelebihan dari motor matik perawatan harus diutamakan. Merawat motor matic dilakukan agar moto lebih awet walaupun sudah digunakan bertahu-tahun. Penggunaan Oli Motor Matic hingga perawatan lainnya menjadi sangat penting agar motor matic menjadi awet dan selalu dalam kondisi prima.
Berikut ini beberapa tips cara merawat motor matik agar menjadi awet.

  1. Sebelum di jalankan biasakan selalu untuk memanaskan motor. Cukup 2-5 menit untuk membuat mesin panas tujuannya agar oli atau pelumas pada mesin dapat melumasi seluruh bagian mesin.
  2. Penggantian Oli, lakukan pergantian Oli mesin khusus motor matic setiap penggunaan 2000 KM / sesuai dengan batas penggunaan oli (rekomendasi pabrikan) tujuannya agar pelumas yang digunakan benar-benar berfungsi dengan baik. Hal ini sangat mempengaruhi kinerja dan keawetan mesin agar tetap baik.
  3. Servis rutin, tujuannya untuk mengembalikan performa mesin setelah beberapa lama digunakan kemungkinan terjadi perubahan perfoma atau terjadi gangguan sehingga perlu servis rutin. Sebaiknya servis motor matik setiap 2 bulan sekali atau tergantung pemakaian. service yang dilakukan biasanya meliputi pembersihan karburator atau sistem injeksi (pada motor injeksi), busi, filter / saringan udara, aki hingga sistem kelistrikan. Saran kami agar lebih aman dan terpercaya sebaiknya lakukan service pada bengkel resmi.
  4. Penggantian spare part, Saat harus mengganti spare part sepeda motor karena umur penggunaan atau rusak, pastikan selalu menggunakan spare part asli sesuai dengan merk jenis motor. Tentunya dengan menggunakan spare part asli akan membuat awet dan terjamin kualitasnya. 
  5. Perhatian lebih, ada beberapa bagian vital pada motor matik yang memerlukan perhatian lebih seperti V-belt, roller, klep yang dapat terjadi kerusakan kapan saja. Segera lakukan pemeriksaan dan perbaikan jika sudah terasa gejala yang tidak wajar, Shock breaker juga perlu diperhatikan. Karena kebanyakan motor matik menggunakan mono shock sehingga beban tertumpu padanya. Lakukan pemeriksaan setiap 08.000 KM dan lakukan pergantian oli shock agar dapat kembali bekerja dengan baik.
  6. Penggunaan / pengoperasian, hal terpenting lainnya dalam merawat motor matik adalah penggunaan dan pemakaian yang tidak ugal – ugalan serta tidak terlalu memforsir sepeda motor terlalu keras sehingga motor dapat lebih cepat rusak, gunakan secara wajar dan berhati-hati.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan sepeda motor matik sobat atik-utak dapat terawat dengan baik.

1 komentar:

  1. Mungkin cara merawat motor matic diatas tentunya sangat mudah dilakukan setiap pemilik kendaraan, toh mending merawat daripada mengganti sparepart. Mahal bro!

    BalasHapus