Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Mengatasi Tromol Aus dan Kampas Rem Tipis

Sobat Bengkel Motor, kali ini saya mencoba berbagi tips cara mengatasi tromol rem aus dan kampas rem tipis,
Rem merupakan piranti keselamatan bagi pengendara motor, namun karena faktor usia dan gesekan saat melakukan pengereman tentunya bagian yang bergesekan akan mengalami keausan, khususnya bagian kampas rem maupun tromol. Kampas rem akan menjadi tipis dan diameter tromol akan semakin besar alhasil saat melakukan pengereman jarak pengereman menjadi terlalu jauh dan pengereman kurang pakem, solusi pling mudah adalah menggati tromol dan kampas rem dengan yang baru. Tentunya ini membutuhkan biaya yang lumayan, tetapi bagi sobat yang sedang menipis dompetnya berikut saya berikan tips sederhana:

Cara Mengatasi Tromol Aus dan Kampas Rem Tipis

Tips ini dapat digunakan saat tromol aus saja atau kampas remnya saja yang tipis atau mengalami kedua-duanya.

Posisikan motor pada standar utama
Lepaskan mur penyetel rem dan mur pengikat panel rem
Lepaskan roda dengan melepas mur dan poros roda
Keluarkan dan lepaskan kampas rem dari dudukan pada panel rem
Bersihkan kampas rem dan tromol rem
Gunting pelat seng sesuai ukuran kurang lebih lebar 1-1,5 cm dan panjang 3-5 cm menyesuaikan ukuran poros  dudukan kampas rem (dapat memanfaatkan bekas kaleng oli dan sejenisnya)
Lilitkan plat seng pada poros / nok dudukan kampas rem (lilitkan 1-4 lilitan menyesuaikan besar keausan tromol / ketebalan kampas rem)
Pasang kembali kampas rem pada dudukan / panel rem, gerakkan bubungan rem, pastika kampas rem dapat bergerak mengembang dan kembali dengan mudah.
Pasang kembali roda pada poros roda dan kencangkan, jangan lupa memasang mur penahan panel rem dan penyetel rem, lakukan penyetelan jarak main rem.
Lakukan test drive untuk menguji kerja dari pengereman.

Nah, sobat atik-utak selamat mencoba, tips ini direkomendasikan jika dana yang dimiliki menipis dan daging kampas rem masih ada walaupun menipis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar