Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Gangguan Sistem Pelumas Sepeda Motor

Sobat tik-tak, Sistem pelumas sepeda motor merupakan kelengkapan motor yang berperan melumasi komponen mesin untuk mencegah keausan, menyerap getaran mesin serta membantu mendinginkan mesin. Apabila sistem ini terganggu akan mengakibatkan dampak yang besar terhadap kinerja mesin, untuk itu sobat harus benar-benar memastikan kerja dari sistem pelumas. berikut ini kan saya bagikan kemungkinan gangguan atau kerusakan yang sering terjadi pada sistem pelumas, penyebab gangguan dan cara mengatasinya

Gangguan sistem pelumas motor, penyebab dan cara mengatasi

Minyak Pelumas / oli mesin berkurang / yang tersisa sedikit di dalam mesin

Kemungkinan Penyebab  dan cara mengatasi:

  • Seal oli atau gasket / perpak mesin bocor, di tandai dengan terjadi rembesan oli pada mesin, cara mengatasi ganti seal oli atau gasket / perpak yang bocor.
  • Bosh katup atau seal katup bocor, ditandai keluar asap putih dari knalpot dan ketika di cek tekanan kompresinya terlalu tinggi (baca cara sederhana memeriksa tekanan kompresi motor), cara mengatasi gantilah bosh katub / klep dan seal tersebut.
  • Pelumas mesin tidak sesuai. ditandai dengan suara mesin kasar setelah ganti oli dan perpindahan gigi keras, cara mengatasi gantilah pelumas sesuai dengan anjuran produk.

Minyak Pelumas Kotor / Hitam Pekat

Kemungkinan Penyebab dan cara mengatasi :

  • Minyak pelumas / Oli mesin jarang diganti, di tandai dengan warna oli mesin yang hitam pekat banyak endapan kotoran cara mengatasi gantilah pelumas secara rutin dan berkala.
  • Kualitas minyak pelumas jelek. ditandai dengan baru beberapa hari ganti oli mesin warna oli sudah berubah hitam pekat cara mengatasi gantilah minyak pelumas sesuai standar atau spesifikasi produk yang dianjurkan oleh pabrikan.

Tekanan Oli Mesin / Minyak Pelumas Rendah

Kemungkinan Penyebab dan cara mengatasi:

  • Pompa oli tidak bekerja dengan baik, di tandai dengan suara mesin kasar, cepat panas, sirkulasi oli tidak lancar, cara mengatasi perbaiki pompa oli tersebut dan bila perlu ganti dengan yang baru.
  • Komponen Gigi-gigi penggerak oli rusak / aus. cara mengatasi ganti dengan yang baru.
  • Oli tidak mengalir dengan baik. biasanya disebabkan oleh adanya kotoran / endapan yang tertinggal pada saluran atau saringan / filter oli, cara mengatasi bersihkan saringan oli dari kotoran yang menempel bila perlu diganti.

Demikian sobtiktak sedikit materi tentang Gangguan sistem pelumas, penyebab dan cara mengatasinya semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar