Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Cara Merawat Sepeda Motor Agar Awet

Sobat Bengkel Motor, kembali jumpa dengan kami melalui tips cara merawat sepeda motor agar awet. Sepeda motor kesayangan membutuhkan perawatan yang intensif agar tunggangan kuda besi kita dapat mengantarkan kemanapun kita pergi dengan aman dan nyaman. Melalui artikel ini saya memcoba membagikan tips sederhana yang mudah-mudahan bermanfaat.

Tips Merawat Sepeda Motor

Rutin Mengganti Oli Mesin

Oli mesin merupakan cairan yang sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang seher, seher, dan ring seher, kruk as dan noken as atau klep / batang klep dll. Cek kondisi oli mesin Jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara rutin dan berkala agar lebih efisien lakukan penggantian sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Memeriksa Aki


Cek Kondisi Aki / baterai, Untuk aki basah jangan biarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu harus berada diantara Upper dan Lower. Tambahkan aki pada pagi hari jika sudah berkurang (catatan jangan mengisi air aki di atas / melebihi batas Upper). Periksa kondisi terminal + dan - jika terdapat kotoran / korosi segera bersihkan karena bisa menghambat aliran listrik. Periksa hubungan kabel pada terminal baterai, pastikan kabel tersambung dengan kuat. Pengecekan / pemeriksaan dan perwatan aki bisa dilakukan minimal 1 bulan sekali.

Memeriksa Rantai dan Gir. 


Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor akan menimbulkan suara berisik dan bahkan bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara jika terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai, lakukan pengecekan dan penyetelan rantai secara berkala minimal 1 bulan sekali. Cek juga kondisi gir, ciri-ciri gir / roda gigi aus jika sudah lancip / tajam segera gantijangan lupa untuk memberikan pelumas pada rantai.

Memeriksa Busi dan Kabel Koil


Busi merupakan pirantik pemercik api yang sangat dibutuhkan untuk proses pembakaran didalam silinder mesin, secara berkala bersihan ujung elektroda busi dari kerak yang menempel, periksa dan stel celah busi ( antara 0,6 - 0,8 mm). Perhatikan pula keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Cepat ganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan banyak terlihat keretakan dan pengerasan pada kabel.

Periksa Selang Bensin. 


Selang bensin ke karburator juga merupakan komponen yang layak diperhatikan. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis dan mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

Panaskan Mesin paling lama 2 Menit. 

Ibarat kita mau olahraga berat terlebih dahulu kita harus pemanasan, demikian juga sepeda motor butuh pemanasan sebelum digunakan, tujuannya agar temperatur kerja segera tercapai dan juga oli mesin bersirkulasi keseluruh komponen mesin yang bergerak sebelum digunakan. Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menit. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu Anda pasti tak mau buang-buang bensin khan?.

Periksa tekanan angin ban. 


Tekakanan ban yang sesuai akan memberikan kenyamanan pengendaraan dan juga memperpanjang usia pemakaian ban. Tekanan ban jangan terlalu keras karena akan menimbulkan ban kurang baik menyerap getaran dan keausan bagian tengah ban, tekanan ban juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak terutama kedua bagian samping ban, selain itu akan terasa berat dan bensin menjadi boros. Tekanan ban depan 29 psi, ban belakang 33 psi.

Gunakan Selalu Sparepart Asli.


Sparepart asli memang mahal tetapi lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang cepat rusak dan akhirnya malah menjadi lebih mahal dari yang asli.

Lakukan servis rutin

Dengan servis rutin sepeda motor akan selalu terkontrol kekurangan bahkan mencegah timbulny kerusakan yang parah. dengan servis rutin pula performa motor lebih terjaga dan memberikan rasa aman dan nyaman.

Jadi tidak sulit bukan? asal Sobat  rajin merawat motor dengan benar pasti motor kesayangan sobat senatiasa tampil prima, semoga artikel ini bermanfaat buat sobat Bengkel Motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar