Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Mengenal Warna Kabel Kelistrikan Sepeda Motor

Sobat Bengkel Motor, Jumpa lagi dengan kami di utak-atik sepeda motor sendiri. Sobat kali ini saya mencoba untuk berbagi mengenai bagaimana cara mengenal kabel kelistrikan sepeda motor dari warna kabel. Warna kabel pada sepeda motor merupakan pembeda antara darimana arus berasal dan kemana tujuan arus tersebut, sehingga setiap warna mempunyai arti yang masing-masing. Sebagai contoh kabel spul pengapian , kabel spul lampu, kabel massa, kabel accu, dsb. Perlu sobat Bengkel Motor ketahui bahwa setiap pabrikan menerapkan standar warna kabel kelistrikan yang berbeda-beda artinya antar pabrikan satu dengan pabrikan yang lain.

Berikut saya akan mencoba membagikan artikel yang bersumber dari bebepa sumber

Arti warna kabel kelistrikan pada sepeda motor :


SUZUKI
Pabrikan sepeda motor Suzuki menerapkan penggunakaan kabel kelistrikan dengan warna dan penggunaanya sebagai berikut:
  1. Hitam-Putih : (-) Massa, berlaku untuk semua negatif
  2. Putih-Merah : (+) Pengisian dari magnet
  3. Kuning-putih : (+) Untuk ke penerangan
  4. Merah : (+) Aki
  5. Oranye : (+) Kunci kontak
  6. Abu-abu : (+) Lampu belakang
  7. Putih-Hitam : (+) Lampu rem
  8. Hijau muda : (+) Sein kanan
  9. Hitam : (+) Sein kiri
  10. Kuning-putih : (+) Lampu depan
  11. Putih–Biru : (+) Koil ke CDI
  12. Biru-Kuning : (+) Pulser ke CDI

(Sumber : Pendi Suryanda, Supervisor Training Instruktur Senior Roda Dua PT Indomobil Niaga International)

KAWASAKI
Pabrikan sepeda motor Kawasaki menerapkan penggunakaan kabel kelistrikan dengan warna dan penggunaanya sebagai berikut:
  1. Hitam-Kuning : (-) Masa
  2. Putih-Merah : (+) Aki
  3. Merah-Hitam : (+) Lampu depan jauh/dim
  4. Merah-kuning : (+) Lampu depan dekat
  5. Abu-abu : (+) Sein kanan
  6. Hijau : (+) Sein kiri
  7. Biru : (+) Lampu rem
  8. Merah : (+) Lampu belakang
  9. Coklat : (+) Klakson
(Sumber: Freddyanto Basuki, Service Department Marketing Division, PT Kawasaki Motor Indonesia. Buku Panduan Sepeda Motor Kawasaki)

Honda 
Pabrikan sepeda motor Honda menerapkan penggunakaan kabel kelistrikan dengan warna dan penggunaanya sebagai berikut:
  1. Merah : Terminal positif aki(+).
  2. Hijau : Terminal Negatif aki(+).
  3. Biru : Lampu Jarak jauh.
  4. Biru Laut : Sein/reting kanan .
  5. Biru Kuning : Arus pulser CDI menuju CDI.
  6. Hitam Putih : Kunci kontak.
  7. Hitam Kuning : Arus yang masuk ke koil.
  8. Hijau Kuning : Output lampu rem menuju lampu rem.
  9. Coklat : Lampu Kota.
  10. Putih : Lampu Jarak Dekat .
  11. Orange : Sein/reting kiri.

Yamaha
Pabrikan sepeda motor Yamaha menerapkan penggunakaan kabel kelistrikan dengan warna dan peruntukannya sebagai berikut:
  1. Merah : Arus beban positif aki(+).
  2. Hitam : massa untuk semua negatif.
  3. Hijau Hitam : Output menuju lampu rem.
  4. Hitam Merah : Output Spull ke CDI “alfa”.
  5. Putih Merah : Arus pulser CDI.
  6. Putih Hijau : (-) pulser CDI “alfa”.
  7. Hijau : Arus penerangan lampu depan/lampu jarak dekat.
  8. Hijau Tua : Reting/sein kanan.
  9. Kuning : Lampu jarak jauh.
  10. Coklat : Arus out put yang keluar dari positif aki menuju kontak dan keluar melalui kontak.
  11. Coklat Tua : Reting/sein kiri.

Demikan sobat Bengkel Motor, semoga informasi mengenai penggunaan warna kabel kelistrikan pada sepeda motor diatas dapat menambah pengetahuan dan tentunya dapat membantu sobat dalam melakukan utak-atik motor sendiri serta merawat kondisi motor kesayangan sobat, sampai ketemu pada postingan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar