Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Bedah Teknologi Yamaha R15


Terlepaz… apakah bener claim Yamaha YZF-R15 itu sekitar 20 – 22HP (feeling gue pasti dibawah 20HP laagh… paling banter 17 HP on the wheel), gue mau membedah technology yang diusung neh motor…!!! Walau sebenernya… nggak baru-baru amat… sudah diimplementasikan juga di Yamaha V-ixion…!!! Pertama, adalah liquid cooled engine. Gampang penjelasannya adalah… sewaktu engine bekerja, maka suhu engine akan meningkat… sehingga butuh cooling system supaya performancenya nggak drop…!!! Nah liquid cooled tuh lebih efektif daripada air cooled (pendingin udara). Seringkali engine yang mempunyai liquid cooled lebih tinggi compression ratio dibandingkan air cooled.. thus pasti performance nya lebih oke…!!! :D
Feature kedua yang diusung adalah 4 valves per cylinder…!!! Hal ini yang membedakan dengan konvensional valves yang mempunyai 2 valves..!!! Saat ini ada juga beberapa motor yang menggunakan 3 valves percylinder…!!! Dan engine 4 valves percylinder akan mengeluarkan power yang lumayan pada RPM yang tinggi…!!! So.. gampangane…. pancale bakalan buaanter…!!!
Fuel Injection merupakan hal ketiga yang perlu dipertimbangkan..!!! Injection memang nggak serta merta meningkatkan power. Namun injection akan sangat mempengaruhi lumayan signifikan response dari engine yang menggunakan injection ini. Pada R15, motor ini menggunakan 6 holez injectorz…!!!
Forged piston juga akan mempengaruhi performance…!!! Ditanya kenapa ??? Karena forged piston khusus dibuat dan kualitasnya lebih bagus dibandingkan cast piston yang nggak begitu tahan pada suhu yang amat tinggi..!!! Yamaha sudah sejak tahun 1997 mengembangkan ‘Controlled Forged Technology’ atau CF technology, dalam artian dapat mengembangkan forged piston dengan cost yang murah…!!! :D
DiAsil Engine Cylinder, singkatan dari ‘Die-Casting Alumunium Silicon’ yaitu menggunakan bahan 20% silicon alumunium alloy…!!! DiAsil Engine Cylinder ini lebih baik kualitasnya dibandingkan conventional liner steel engine…!!! Yup.. karena 60% lebih bagus dalam membuang panas (cooling performance) daripada engine cylinder conventional. Disamping itu 30% lebih ringan daripada yang conventional…!!!  Teknologi ini sebenernya sudah ada sejak tahun 2002… dan bukan barang baru…!!! Oleh karena itu… kagak bisa sembarangan diboreup… !!! :D
Delta Box Frame,… banyak pabrikan yang menerapkan hal ini…!!! Pabrikan Italy juga banyak yang nerapin…!!! Berbeda dengan frame konvensional baik berbentuk single atau double downtube, delta box frame lebih mempunyai ‘rigidity balance’ yang lebih baik daripada frame konvensional…!!! Gunanya buat apaan ??? Yagh… buat handling yang lebih baik… !!! Sisanya yaagh… standard seperti disc brake buat depan dan belakang dan transmisinya mempunyai 6 percepatan…!!!

By : triatmono info

Kupas Teknologi Injeksi YZF-R15 ( Part 1), Teknologi Brushless Membuat Irit Listrik

INJEKSI R15
YZF-R15 terinspirasi dari konsep R-DNA dimana mengaplikasikan model bodi belakang meruncing dan meninggi, lampu depan model ganda, desain aerodinamis, tampilan kekar dan menyajikan pengendalian terbaik. R15 dibekali dengan mesin 150cc fuel injection dengan transmisi 6 percepatan.

R15 mengaplikasikan teknologi injeksi dari new vixion, meskipun mengaplikasikan sistem injeksi dari new vixion namun tidak semua sama. Monggo kita bahas satu persatu :
Fuel Pump.
INJEKSI R15...
Saya bahas dari sistem bahan bakar, didalam tangki dengan kapasitas 12 liter R15 memakai fuel pump dengan tekanan 250 kpa. Fuel pump R15 memakai tipe brusless, Apa itu brushless? merupakan teknologi untuk menunjang kehandalan motor listrik yang memiliki fuel pump. Teknologi ini unggul karena pada bagian commutator tidak terdapat brush (arang) dan mekanismenya diatur oleh microcontroller, sehingga putaran motor lebih tinggi, konsumsi listrik lebih rendah, dan suara motor lebih halus. Dan fuel pump ini terdapat filter fuel pump yang berfungsi menyaring bensin yang akan masuk ke rotor, untuk filter fuel pump disarankan untuk diganti jika sudah kotor/mampet, apalagi jika tangki kemasukan air filter harus diganti.
Throttle Body.
INJEKSI R151
Throttle Body dilengkapi dengan FID (Fast Idle Selenoide) yang memudahkan mesin dihidupkan saat kondisi dingin (berfungsi seperti autochoke, tetapi bekerja sesuai sinyal elektrik dari ECU) dan sensor injeksi (MAQS) yang lengkap, yaitu :
1.TPS (Throttle Position Sensor) yang bertugas mendeteksi bukaan sudut throtle.
Pada saat kita tarik selongsong gas maka throttle akan terangkat, nach… seberapa besar throttle ini terbuka akan dipantau oleh TPS kemudian TPS mengirim sinyal besaran bukaan throttle ke ECU untuk memerintah injektor menyemprotkan bahan bakar sesuai kebutuhan atau sesuai yang dibaca oleh TPS. Sehingga semprotan bahan bakar terpantau selalu konsumtif.
2.IAPS (Intake Air Pressure Sensor).
Dengan fungsi kerja utama mendeteksi tekanan di sepanjang lubang masuk (INTAKE) agar jumlah penyemprotan bahan bakar disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Konsumsi bahan bakar berbeda antara pegungan dengan dataran rendah, untuk daerah pegunungan atau dataran tinggi akan cenderung membutuhkan bahan bakar yang lebih ekonomis  dibandingkan dengan di daerah dataran rendah seperti jakarta. Sensor ini bekerja sesuai tekanan udara yang ada di intake, sehingga saat filter udara dilepas juga akan mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar.
3. IATS (Intake Air Temperature Sensor)
IATS bertugas mendeteksi suhu udara yang masuk kedalam ruang bakar untuk mengukur densitas udara. Jika kita bepergian ke daerah yang lebih dingin maka kondisi suhu mesin harus beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitarnya dengan cara konsumsi bahan bakar sedikit dikurangin agar suhu mesin tetap stabil, begitu juga sebaliknya jika motor yang biasa dipakai di dataran tinggi atau suhu dingin maka saat jalan di dataran yang bersuhu tinggi suhu mesin harus tetap stabil dengan cara meningkatkan konsumsi bahan bakar.
Lihat motor karburator atau manual, saat kita jalan dari jakarta ( suhu panas ) menuju puncak bogor (suhu dingin) maka kondisi akslerasi motor pasti akan berubah karena motor manual tidak menyesuaikan kondisi lingkungan dengan otomatis, kita harus seting manual agar motor tetap stabil.
INJECTOR.
injektir r15
Injetcor berfungsi untuk menyuplai bahan bakar dengan mengabutkan bahan bakar yang mengalir dari selang bahan bakar dari fuel pump ke ruang bakar. Jumlah semprotan bahan bakar yang keluar dari injector sesuai perintah dari ECU, ECU memerintah injector sesuai sinyal yang diterima dari sensor2 seperti TPS dan sensor2 MAQS. Injector R15 memiliki 6 lubang dengan sudut penyemprotan 15 derajat.

By : aripitstop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar