Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Lampu MIL V-Ixon Sama Sekali Mati


Assalamualaikum.
Salam sejahtera untuk kita semua sobat …
Jumpa lagi dengan ane sob. Si blogger nggak ngetop, nggak terkenal, ecek-ecek bin nggak niat hehehe … :D Sorry sorry baru ngeupdate artikel. Habis akhir-akhir ini pikiran NP lagi lelah sob. Lagi galau, kapan dapet cewek ya ? Hahaha … Ah sudahlah. Dari pada mainan cowok eh cewek mending mainan motor, betul nggak sob ? Setubuh eh setuju banget daaahhh … :mrgreen:
Nah kali ini sekedar pengen sharing aja sob. Pasti di antara para pembaca sekalian motornya banyak yang uda pakai injeksi kan ? Nah pastinya tau dengan yang namanya lampu indicator injeksi atau nama kerennya lampu Engine Chek. Itu lho … Lampu warna kuning yang ada di speedometer yang bakal nyala berkedip  kalau piranti injeksi di motor sampean lagi bermasalah. Dan lampu ini pasti bakalan nyala sebentar saat kontak baru diposisikan ke “on” dan bakalan mati lagi setelah beberapa detik.

Nah, apa jadinya kalau lampu ini nggak mau nyala sama sekali pada saat kita putar kunci kontak ke on ? Wallaadah … Modiar sob … !!! Pastinya bingung, cemas bin galau bin mumet tenan. Lha gimana nggak ? Lha wong lampu ini sangat penting biar kita ngerti kalau ada kerusakan di motor, eh tu dia malah ngambek gak mau nyala :( . Nah hal itulah yang terjadi pada motor old Vixion NP, si BH(Bayanagn Hitam). Mendadak lampu Engine Check nggak mau nyala sama sekali saat NP putar kunci kontak ke arah on.
IMG_20141112_141020
Nih si BH nggak pakai speedo karena speedometernya lagi rusak. Makanya lampu-lampu indikatornya NP ganti pakai lampu LED kecil-kecil :) .
Langsung aja deh NP obok-obok dan peretelin headlamp si BH dan ngecek kabel-kabelnya. Normal sob, nggak ada yang putus atau touble. Pusing mikir di mana yang salah, akhirnya NP iseng-iseng searching di mbah Google. Eh dapet artikelnya Aa’ Ikhwan(klik di sini). Ternyata disuruh ngecek kabel ijo yang ada di bawah jok. Itu loh, kabel warna ijo yang biasanya dihubungkan ke diagnostic tool nya para mekanik buat ngecek kondisi piranti injeksi motor kita saat lagi servis.
IMG_20141112_140938
Setelah NP cek, betul banget sob, ternyata kabelnya lepas bin nggak nyambung … !!! Welleh … Welleh … Ternyata ini to yang bikin NP bingung bin mumet. Ternyata cuman masalah satu kabel doank. Langsung aja NP sampung lagi. Daaaaannn … Taaaraaaaa … Lampu Engine Check berhasil menyala lagi dengan normal. Lego tenan sob hehehe … :mrgreen:
IMG_20141112_140903
IMG_20141112_140910
Nah … Jadi, kalau lampu Engine Check Vixion sobat lagi nggak mau nyala, langusng aja cek di bawah jok. Barangkali kabel ijonya itu lagi putus dan nggak nyambung. Kalau buat motor injeksi lain sih NP kurang tahu, tapi kayaknya sama aja deh.
By: nofgipiston.wordpress

Tidak ada komentar:

Posting Komentar