Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Cara Stel Oli Samping Ninja 150

CARA SETTING OLI SAMPING NINJA 150 RR

Assalamualaikum.wr.wb...
pepatah mengatakan " tuntutlah ilmu sampai ke negri cina,berbagilah ilmu yang kamu punya"
hihihihihihih.....
ok,langsung saja di hari yang berbahagia ini saya akan membagi sedikit pengalaman ilmu tentang bagaimana caranya menyetel/mensetting oli samping pada mesin 2tak khususnya Ninja 150 rr.
mungkin bagi sebagian orang sudah banyak yang tau yaaaa,tentang bagaimana cara menyetel olsam/oli samping tersebut,,, namuun apa salahnnya kalau kita sedikit mereview kembali step by stepnya,, barangkali ada di antara kita yang masih kurang paham atau bahkan tidak sama sekali mengetahui bagaimana caranya..

pertama siapkan alat-alatnya yang di butuhkan adalah:
1. kunci T8
2. obeng +
3. kunci ring pass 10


LANGKAH PERTAMA

 Buka penutup rantai yang sekaligus berfungsi sebagai cover penutup pompa oli samping, dengan cara mengendurkan 3 buah baut pengikat dengan menggunakan kunci T8
lepaskan dari kedudukannya.


LANGKAH KEDUA


Lepas 2 buah baut plat penutup pompa oli samping dengan menggunakan obeng + ,lalu lepaskan dari kedudukannya

LANGKAH KETIGA



 Perhatikan gambar pertama di langkah ketiga,perhatikan kedua strip yang di lingkari,posisi tersebut dalam keadaan off/grip gas(trothel gas tidak di tarik).
selanjutnya putar grip gas full sampai mentok,tahan lalu perhatikan kedua strip tadi, apabila kedua strip tadi sejajar seperti di gambar kedua langkah ketiga, itu tanda'a stelan oli samping anda sesuai dengan standar pabrik,tidak terlalu boros dan tidak terlalu irit(aman)
dengan catatan mesin dan knalpot standar.


 Perhatikan lagi gambar di atas,apabila posisi kedua strip tadi seperti gambar di atas(tidak sejajar berada di bawah) maka setelan oli samping anda lebih boros dari standar,dan sebaliknya apabila posisi strip berada di atasnya maka setelan oli samping terlalu irit,
setelan boros seperti ini dilakukan setelah mengaplikasi knalpot racing atau ada ubahan lain pada mesin yang mengakibatkan mesin membutuhkan pelumasan lebih sesuai kebutuhan mesin.


LANGKAH KEEMPAT


Apabila anda sudah memahami tentang posisi strip pada pompa oli,mana yang standar irit atau lebih boros,,, maka anda dapat memulai penyetelan dengan cara melepas terlebih dahulu karet penutup baut penyetel pada gambar di atas.
lalu kendurkan baut nomor 2 dengan menggunakan kunci ring pass 10,setelah itu setel kebutuhan oli samping dengan cara memutar baut penyetel no 1 searah putaran jam (irit) berlawanan arah putaran jam(boros)
untuk penyetelan dilakukan saat mesin dalam keadaan hidup,hasil penyetelan yang baik dan pas bisa di lihat dari asap yang keluar tentunya bila terlalu pekat setelan oli anda terlalu boros, dn sebaliknya...
jangan menyetel oli samping terlalu irit karna bisa mengakibatkan mesin cepat panas bahkan macet.

setelah semuanya selesai silahkan anda pasang kembali komponen demi komponen seperti semula,,

terimakasih demikian lah sedikit tips tentang bagaimana cara menyetel oli samping pada mesin 2 tak khususnya Ninja 150 rr...

wassalamualaikum.wr.wb,,,,

1 lagi ini ......

Post By : NC

Buat yg blm tau, ini cara nyetel oli samping:
Buka fairing kiri utk mempermudah pekerjaan (buat RR). Pake obeng plus, total ada 7 skrup (Gbr 1).
Buka cover gear depan di mesin sebelah kiri pake kunci 8. Total ada 3 skrup (Gbr 2).
Skrg keliatan kan gear depannya... abis itu buka dust cover di dlmnya pake obeng plus. Ada 2 skrup di situ. Klo susah bukanya, pake obeng ketok (Gbr3). Sorry, motornya blm dicuci, jadi bagian dlm rumah gear depan msh belepotan oli... hehehe...
Sesudah dust cover dibuka, didlmnya ada mekanisme pompa oli (Gbr 4). Perhatikan posisi B & C. Di situ ada garis. Posisi garis pada saat grip gas kita putar habis (gas pol/full throtle) dlm kondisi mesin mati:
posisi B = C (segaris) berarti stelan standar
posisi B dibawah C berarti boros. Semakin B ke bawah, semakin boros
posisi B diatas C berarti irit... not recommended... irit takutnya malah bikin piston baret...
Cara nyetelnya:
mesin mati
posisi gas putar habis (gas pol, full throtle). minta bantuin temen buat muter grip gas sambil kita nyetel oli samping.
kendurkan skrup pengunci stelan (huruf D) ke arah kiri pake kunci 10.
stel oli samping dg memutar skrup A pake kunci 10. Searah jarum jam akan irit, berlawanan arah jarum jam akan boros. Lihat posisi garis B & C spt yg sudah dijelaskan di atas.
setelah selesai nyetel, jgn lupa utk kencangkan skrup pengunci D.
Klo udh selesai, balikin lg spt semula dg cara kebalikan yg diatas.




Tips:
Ninja standar sebaiknya menggunakan stelan standar, kecuali kalo motor msh baru.
Ninja yg msh baru olsamnya akan distel boros, krn piston msh baru. Butuh pelumasan lebih. Kalo masa in rijden udh selesai (5.500 km) balikin lg ke standar.
Buat yg udh ganti knalpot racing, sesuaikan kebutuhan olsam dg naiknya PJ/MJ. Naiknya PJ atau MJ selain menuntut konsumsi bensin yg lbh boros, juga menuntut olsam yg lebih boros juga...
Paling ngga 3 bln sekali stelan olsam dicek. Takutnya kalo stelan berubah sendiri krn getaran mesin atau skrup pengunci kendor.
Jgn stel irit... apalagi kalo punya kebiasaan "bengis" kalo betot gas...
Jgn juga terlalu boros. Terlalu boros akan bikin olsam ga kebakar sempurna & akan jadi kerak (bhs bulenya spooge) yg bisa bikin kotor mesin & bisa bikin SKIPS macet. Gmn cara taunya? Cek ke busi. Kalo busi basah krn oli, berarti olsam terlalu boros. Juga kalo asap knalpot berlebihan pada saat mesin udh panas (pdhl udh pake smokeless) berarti terlalu boros. Tp kalo asap keluar pas manasin mesin sih wajar.
Gunakan olsam minimal semi sintetik, minimal API TC, JASO FC ISO L-EGD.

NC Bayu













Tidak ada komentar:

Posting Komentar