Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Teknologi Yamaha Jupiter Z1

 

Teknologi Yamaha Jupiter Z1 (bag.1), Kepala Silinder Berubah Total!

Posted by aripitstop in posted by ari, Posted by otomotif


Sejak peluncurannya, Yamaha mengklaim peningkatan tenaga Jupiter Z1 hingga 20 persen. Kini powernya mencapai 10,06 PS di 7.750 rpm dan torsinya 9,9 Nm pada 6.500 rpm. Memang ada banyak perubahan yang tidak bisa dipisahkan, seperti desain ruang bakar dan aplikasi kruk as baru serta injeksi bahan bakarnya.
Untitled

Teknologi Yamaha Jupiter Z1 (bag.2), YZ Crank, Silinder dan Transmisi Baru

1
Tampak luar sama seperti kruk as Jupiter Z sebelumnya, tapi balance yang berbeda menghasilkan efek berbeda pula.kalau motor ini punya nafas lebih responsif di putaran atas, sekaligus lebih halus. Apa rahasianya?

 

Teknologi Yamaha Jupiter Z1 (bag.3), Injeksi Paket Lengkap Ala Yamaha

Kali ini kang ari bahas secara singkat tentang perangkat injeksi motor jupiter z1.Apa saja perangkat injeksi yang ada di jupiter z1 ?monggo kita bahas secara ringan dan santai saja,Pembahasan terakhir pada bedah teknologi Yamaha Jupiter Z1 adalah pada sistem pengkabutan bahan bakar injeksinya. Yang ini dibahas terakhir saja, karena menurut pihak Yamaha, injeksi akan menjadi barang biasa saja! “Injeksi become standard. Karena kita di Indonesia saja yang telat. Di luar negeri semua sudah injeksi,” .
Untitled8


Masalah penggunaan merek perangkat injeksinya pun, Yamaha tidak terikat pada salah satu brand saja. Kalau pada Mio J, Soul GT dan V-Ixion menggunakan merek Mikuni, kali ini di Jupiter Z1 menggunakan keluaran Keihin. “Yang penting adalah paket yang ingin disuguhkan pada konsumen. Mau injeksi paket lengkap atau enggak,”.Paket lengkap maksudnya, semua sensor pendukungnya melengkapi tiga proses penting.
8y
Injeksi harus bisa membaca, melakukan proses dan mengkoreksi. Membaca maksudnya memiliki sensor-sensor yang membaca kondisi mesin dan lingkungan sebelum mesin bekerja. Seperti IAPS (Intake Air Pressure Sensor) dan IATS (Intake Air Temperature Sensor),Setelahnya adalah perangkat yang melakukan proses penyemprotan bahan bakar dan udara ke ruang bakar seperti throttle body dan injektor. Dan terakhir adalah yang mengkoreksi apakah pembakaran terlalu kaya atau miskin dengan O2 sensor di knalpot.
Nah, sekarang mari kita rinci satu persatu komponen pada injeksi Jupiter Z1. Perangkat injeksi Yamaha ini dilengkapi dengan Sensor Unit yang terdiri dari TPS (Throttle Position Sensor), IAPS (Intake Air Pressure Sensor), IATS (Intake Air Temperature Sensor), Crankshaft Position Sensor, Engine Temperature Sensor dan Oxygen Sensor.
UntitledUntitled
Sebagai otaknya ada ECU dengan 33 pin yang mengolah semua data dari sensor dan memberikan perintah ke pada semua perangkat injeksi. Injeksi pada Jupiter Z1 dilengkapi dengan throttle body berdiameter 22 mm. Sedang injektor yang dipakai memiliki 6 lubang layaknya Yamaha V-Ixion.
Untitled6Untitled2
Yang menarik pada throttle body Jupiter Z1 adalah saluran aliran udara dari air filter-nya. Dibuat down draft, langsung lurus turun ke throttle body.Dengan konstruksi ini turunnya udara juga dibantu oleh gravitasi sehingga kecepatan udaranya lebih tinggi. Sedang untuk fuel pump-nya masih tipe brush tapi memiliki tekanan cukup tinggi. Yaitu mencapai 295 kPa.
Untitled1
Untuk pengapiannya, kini memiliki magnet dengan output 140 watt yang memiliki 17 pick up rotor. Jelas jumlahnya banyak karena pick up rotor ini juga berfungsi sebagai panduan bekerjanya Crankshaft Position Sensor.
Untitled0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar