Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Bedah Teknologi Yamaha N Max

Cara Kerja dan Komponen Variable Valve Actuation di Yamaha NMAX 150


Jakarta - Ini fitur andalan Yamaha NMAX 150, Variable Valve Actuation atau lebih mudah disebut dengan istilah VVA. Prinsip kerjanya mirip VTEC di mobil Honda. Penasaran cara kerja dan komponennya? Baca terus ya!

Sesuai namanya, VVA adalah inovasi Yamaha untuk memberikan pilihan bukaan klep, tujuannya tentu untuk meningkatkan suplai bahan bakar dari putaran mesin rendah sampai tinggi. Dengan VVA, durasi juga lift noken as atau kem bisa berubah sesuai putaran mesin.

SOHC dengan 3 profil kem. Kem in dilayani dua rocker arm

"Tujuannya untuk mendapatkan performa yang baik di semua putaran mesin. Dengan satu profil kem, biasanya akan ada yang dikorbankan. Kalau bawahnya enak atasnya kurang bertenaga, begitu juga sebaliknya. Dengan VVA yang memiliki dua profil kem, atas-bawah selalu bertenaga," yakin M Abidin, GM Sales Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Secara umum, buka tutup 4 klep di kepala silinder Yamaha MAX 150 diatur oleh satu noken as atau Single Overhead Camshaft (SOHC) namun memiliki 3 bumbungan atau profil. Dua klep masuk dikawal dua profil kem, sedang klep buangnya tetap satu profil kem dengan rocker arm bercabang mirip Yamaha V-Ixion.

Solenoid actuator bekerja pada 6.000 rpm dan 5.500 rpm saat deselerasi

Kita fokus di klep masuk karena di sinilah kunci VVT. Dua profil kem ini memiliki fungsi yang berbeda. Pada putaran mesin rendah profil kem low akan bekerja menggerakan klep. Kem yang pertama ini akan membuka pada 16 derajat sebelum titik mati atas (TMA) dan menutup di 35 derajat setelah titik mati bawah (TMB).

Mencapai putaran mesin 6.000 rpm, ECU akan memerintahkan perangkat solenoid actuator yang berada di cover kepala silinder untuk mendorong pin. Pin ini akan mengaktifkan kem high dengan profil lebih tinggi.

Ini posisi solenoid actuator di kepala silinder

Secara spesifikasi, kem kedua ini memiliki waktu membuka lebih cepat dan menutup lebih lama sehingga durasinya lebih besar dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih banyak.

Kem ini membuka pada 27 derajat sebelum TMA dan menutup di 61 derajat setelah TMB sehingga durasinya 268 derajat. Sedang kem low atau kem pertama durasinya hanya 231 derajat.

"Dalam kondisi bekerja, kedua rocker arm dan klep sebenarnya terus bergerak. Bukan berarti yang saat putaran tertentu salah satunya diam. Tapi, karena perbedaan ketinggian kem, profil kem high lebih tinggi, maka akan langsung berfungsi setelah pin yang diatur ECU dan solenoid actuator menonjok rocker arm kedua," jelas Dirdhana, Education and Publication Manager PT YIMM.

Empat klep SOHC dengan VVA, sempurna untuk skutik berperforma!

Sedang pada saat putaran mesin turun, kem high baru akan berpindah ke kem low di putaran mesin 5.500 rpm.Dengan konstruksi seperti ini, respon di putaran mesin bawah akan sangat baik. Di putaran menengah atas, dengan profil kem yang didesain mampu membuat klep membuka lebih lama maka tenaga atasnya seperti enggak habis-habis.

"VVA pada Yamaha MAX 150 ini adalah yang pertama diaplikasi di dunia," yakin Takehiko Gotanda, Chief Engine Project NMAX 150 dan Yamaha Motor Corporation (YMC). Tentunya sesuai dengan konsep NMAX 150 yang sproty dan menonjolkan performa! (otomotifnet.com)

Engine Cutting Yamaha NMAX, Ada Apa Saja didalamnya ?

ENGINE CUTTING NMAX (15)
Pada saat peluncuran di sentul kemarin, yamaha juga memaerkan engine cutting dari yamaha NMAX ini. Kali ini saya coba utarakan satu persatu apakah ada persamaan dengan matic yang lain dan apa yang berbeda.
ENGINE CUTTING NMAX (12)
ENGINE CUTTING NMAX (22)
VVA tekonologi baru dari yamaha yang disematkan di motor matic, VVA bekerja atas perintah ECU setelah menerima sinyal sensor dari CPS ( crankshaft position sensor) ketika mesin sudah berputar lebih dari 6000rpm ECU kemudian memerintahkan selenoid untuk menggerakkan pin dan mengaktivkan rocker arm high speed profil cam, disinilah yang membuat akslerasi atas maupun bawah terasa nampol.( ada ulasan khusus untuk VVA tunggu ya).
ENGINE CUTTING NMAX (13)Yamaha membenamkan o2 sensor seperti di motor injeksi yamaha lainnya, O2 sensor berfungsi mendeteksi sisa hasil pembakaran di saluran exhaust untuk menekan emisi gas buang sehingga lebih ramah lingkungan karena pasokan bahan bakar yang disesuaikan sesuai kebutuhan. Tepatnya setelah O2 sensor memberikan informasi ke ECU, kemudian ECU memberikan campuran bahan bakar yang ideal sesuai instruksi O2 Sensor. Sehingga gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.Dan alat ini pula yang membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.
ENGINE CUTTING NMAX (2)Yamaha NMAX juga dibekali CPS ( crank position sensor) yang salah satunya membaca putaran mesin. Selain itu untuk menentukan timing pengapian dan semprotan bahan bakar dari injektor. Pada bagian luar magnet terdapat tonjolan atau pick up yang bersentuhan langsung dengan CPS yang membaca posisi piston sedang di atas atau di bawah. Tapi CPS saja tidak cukup untuk menentukan langkah hisap dan langkah kerja yang sama-sama memposisikan piston dalam keadaan turun. CPS harus dibantu oleh Intake Air Pressure Sensor (IAPS), karena saat langkah hisap tekanan di intake manifold akan turun.
ENGINE CUTTING NMAX (11)ENGINE CUTTING NMAX (4)Lanjut di Throtle body (TB) di dalam TB ini terdiri dari dua bagian yaitu ISC dan MAQS,
ISC ( Idle Speed Control) bisa dibilang ISC ini berfungsi menjaga idling rpm tetap stabil baik kondisi suhu dingin maupun panas dengan mengontrol jumlah udara yang disuplai ke TB.
Dan yang kedua adalah MAQS yang terdiri dari 3 sensor Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS).
ENGINE CUTTING NMAX (3)Injector yang berfungsi menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar, untuk injector NMAX memiliki 6 lubang.
ENGINE CUTTING NMAX (14)YEIS alias Yamaha Energy Induction System seperti yang pernah ditanamkan di RX King.
YEIS berfungsi menampung sisa udara yang tidak habis tersedot masuk ke ruang bakar yang diputus oleh buterfly di throtle body, sehingga dengan adanya tabung YEIS sisa gas tersebut bisa di simpan sementara yang kemudian pada akhirnya sisa gas tersebut dapat di manfaatkan kembali terutama ketika motor harus berakselerasi sehingga pasokan udara selalu terpenuhi.
ENGINE CUTTING NMAX (19)
Yamaha NMAX berpendingin air radiator yang memaksimalkan proses pendinginan lebih sempurna.
ENGINE CUTTING NMAX (1) ENGINE CUTTING NMAX (10)
Thermostat, berbeda dengan dengan jalur pendinginan air radiator yang ada di motor vixion, jalur air radiator di yamaha NMAX berputar mengelilingi cylinder body melalui water jaket yang dipompa oleh water oumo, jadi air radiator berputar tanpa melewati kisi2 radiator. Air raditor akan masuk kisi2 atau ruang radiator ketika suhu sudah panas dan klep thermostat terbuka. Sistem baru ini berfungsi agar proses pemanasan di mesin lebih cepat.
ENGINE CUTTING NMAX (17)
piston
Yamaha NMAX menggunakan piston mengaplikasi tipe forged piston. Ya, piston tempa yang tahan terhadap kompresi tinggi. Forged piston mengadopsi teknologi motor balap terbuat dari material Alumunium Alloy, dibuat dengan proses cetak Forging / Tempa dengan temperature yang sangat tinggi. Piston ini digaransi oleh yamaha sampai 5 tahun atau 50ribu km sesuai aturan yang berlaku.
cylinder gt125Sedangkan untuk cylindernya menggunakan DiASiL Cylinder (Die-Casting Aluminum Silicon Alloyed) adalah Cylinder body tanpa liner yang mengadopsi teknologi motor balap. Terbuat dari komposisi material Aluminum Alloy dengan Silicon, dengan proses tekanan dan temperature yang sangat tinggi. Keuntungannya kuat, ringan dan anti baret. Pedinginan mesin lebih baik serta tahan lama dan GARANSI 5 Tahun / 50.000 Km.
ENGINE CUTTING NMAX (8)Box filter besar membuat pasokan udara ke throtle body bisa lebih maksimal.
ENGINE CUTTING NMAX (21)
Dengan big pully power yang dihasilkan dari mesin disalurkan ke roda belakang akan lebih ber akslerasi ( artikel CVT akan saya bahas next terpisah ).
NIch posisi nomer mesin dibawah CVT samping baut pembuangan oli mesin.
ENGINE CUTTING NMAX (20)

Ini yang baru yaitu fitur pengereman ABS yang dibenamkan di motor matic bahkan dikedua pengereman depan dan belakang. Tampak terlihat sensor ABS.
ENGINE CUTTING NMAX (5) ENGINE CUTTING NMAX (16)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar