Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Tekanan Kompresi Motor Rendah

Sobat Bengkel Motor, Tekanan kompresi motor merupakan syarat utama agar motor dapat hidup,, tentunya besaran tekanan kompresi sesuai dengan standar/spesifikasinya agar tenaga hasil pembakaran optimal. Tekanan kompresi terlalu rendah mengakibatkan tenaga motor berkurang bahkan motor susah dihidupkan, untuk mengetahui besarnya kompresi lakukan pemeriksaan baca: cara sederhana memeriksa tekanan kompresi. Jika motor sobat mengalami tekanan kompresi rendah lakukan pemeriksaan dan cari penyebabbnya.

Penyebab Tekanan Kompresi Motor Rendah

  1. Katup bocor, Katup tidak menutup sempurna menyebabkan terjadinya rongga alhasil kompresi bocor, cara memperbaiki dengan melakukan skir klep.
  2. Penyetelan pembukaan pada katup tidak tepat. Saat pembukaan katup diperlukan agar optimal saat terjadinya langkah kerja motor terutama saat hisap, kompresi, buang, jika katup membuka bukan pada waktunya akan berpengaruh pada kerja mesin (contoh harusnya katup sudah menutup setelah langkah hisap, tetapi terlambat menutup saat langkah kompresi alhasil kompresi bocor), cara memperbaiki dengan melakukan penyetelan katup yang benar sesuai standar.
  3. Katup aus / bengkok. katup aus / bengkok menyebabkan katup tidak dapat menutup dengan sempurna, Jika katup aus atau bengkok gantilah katup dengan yang baru sesuai dengan standard.
  4. Kepala silinder berubah bentuk atau rusak. perubahan bentuk kepala silinder menyebabkan terjadinya celah antara kepala silinder dengan blok silinder sehingga terjadi kebocoran, Jika terjadi hal demikian lakukan perbaikan dengan meratakan kepala silinder atau bila perlu gantilah kepala silinder dengan yang baru.
  5. Dinding silinder aus. Ausnya diiding silinder menyebabkan gas kompresi bocor ke ruang engkol, cara mengatasi dengan menambah oversize, ganti piston dan ring piston sesuai oversize yang baru atau ganti dinding silinder.
  6. Piston dan ring piston aus. hali ini juga bisa menyebabkan bocornya gas kompresi ke ruang engkol, Jika terjadi hal demikian ganti piston dan ring piston.

Demikian Sobtiktak semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar