Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

10 Sepeda Motor Klasik di Berbagai Film Dunia

 

Berikut ini sepeda motor klasik yang hadir di film-film dunia.

Motor menjadi sarana tranportasi yang cukup tepat untuk menyiasati kemacetan yang sering kali melanda kota-kota besar di Indonesia, terutama Jakarta.
 

Bagi seseorang yang sudah hobi pada jenis kendaraan bermotor beroda dua ini, mungkin uang bukanlah suatu halangan.
Motor memang jadi bagian dari gaya hidup, bahkan tidak sedikit selebritis yang menjadikan motor sebagai penunjang gaya hidup mereka.
Di Hollywood, kehadiran alat transportasi roda dua sudah menjadi bagian sejak lama.
Sejarah perfilman menunjukkan kalau kendaraan ini pertama kali muncul dalam film Charlie Chaplin berjudul Mabel At The Wheel pada tahun 1914. Wow, that was a very long time ago! Hampir seratus tahun lalu.
Dalam rentang waktu sepanjang itu, dapat dibayangkan betapa banyak motor yang sudah lalu-lalang dalam berbagai film.
 

Dilansir dari majalah Cosmo Men Indonesia, dari beberapa film tersebut akan dibahas lima motor saja yang memiliki nilai unik dan kuatnya peran si motor dalam film tersebut.


1. Easy Rider (1969)
 
Film yang dibintangi oleh Peter Fonda, Jack Nicholson, dan Dennis Hopper ini mengikuti perjalanan dua sahabat yang berprofesi sebagai pengedar ganja. Namun, yang paling mencuri perhatian justru adalah motor Harley Davidson Hydra-Glide keluaran tahun 1950an.
Motor yang didesain oleh ahli perakit chopper Cliff Vaughs dan Ben Hardy ini memiliki mesin panhead dengan dua silinder, dua valve per silinder, pushrod V-twin, dan memiliki tangki bensin bergambar bendera Amerika. Replikanya bisa dilihat di Alabama Barber Motorsports Museum.
2. The Wild One (1953)
Bercerita tentang perseteruan dua geng motor yang meneror sebuah kota kecil, film ini menampilkan akting gemilang dari Marlon Brando. Di sini Brando mengendarai Triumph Thunderbird 650cc yang diproduksi oleh Triumph Engineering Co. Ltd. pada tahun 1950. Motor berlogo "paper dart" ini memiliki transmisi 4 kecepatan, mesin four-stroke parallel twin dengan kekuatan 34 bhp (25 kW) pada 6300 rpm.

Thunderbird pertama kali diproduksi tahun 1949 dan model terakhir adalah Hinckley 1600cc Twin yang diproduksi pada Juni 2009.


3. Born to Ride (1991)
Grady Westfall (John Stamos) adalah pria yang senang mencari kesenangan. Dengan Harley-Davidson andalannya ia berkeliling Kentucky untuk berpetualang. Tapi Grady tidak dapat menolak kesialan ketika ia ditangkap dan dipenjara gara-gara menggangu ketenangan warga dengan mengendarai Motor Harley-Davidson yang sudah antik.

Kapten Jack Jassler (John Stockwell) dan Kolonel Devers (Sandy McPeak) menawarkan pertolongan keluar penjara untuk Grady tetapi dengan imbalannya. Jika Grady dibantu keluar penjara maka ia harus membantu mereka dalam misi rahasia pemerintahan.

Masa tersebut adalah masa sebelum perang dunia kedua dimana salah satu divisi Angkatan Darat yang dikomando Kapten Jassler mendapatkan misi penyelamatan di Spanyol. Untuk menyukseskan misi tersebut mereka memerlukan orang yang mahir mengendarai motor. Grady adalah orang yang tepat untuk misi tersebut.

4. Electra Glide in Blue (1973)
Mengangkat kisah tentang kehidupan seorang polisi patroli motor bernama John Wintergreen yang dipromosikan ke bagian pembunuhan. Electra Glide adalah salah satu motor produksi Harley Davidson yang dipakai oleh kepolisian lalu lintas Arizona pada tahun 1970an. Hingga kini, motor klasik 1.584cc bermesin air-cooled twin cam 96 dan 9,2 : 1 compression ratio ini masih diproduksi dan tetap menjadi salah satu favorit. Motor dengan pilihan warna Vivid Black, Cool Blue Pearl, dan Concord Purple ini dibanderol dengan harga sekitar 20 ribu dolar Amerika (200 juta rupiah).

5. The Girl on a Motorcycle
Film Inggris-Prancis yang dibintangi oleh Alain Delon dan Marianne Faithfull ini bercerita tentang perjalanan seorang wanita dengan sepeda motor untuk mengunjungi kekasihnya. Salah satu film cult terbaik sepanjang masa ini menampilkan motor klasik produksi Inggris, Norton Atlas 750 cc, keluaran tahun 1962. Motor yang termasuk langka ini hanya diproduksi sampai tahun 1969.

6. The World's Fastest Indian (2005)
Bercerita tentang kehidupan seorang pria New Zealand bernama Burt Munro yang menghabiskan waktu bertahun-tahun memodifikasi sebuah motor Indian Scout, tahun 1920. Ia akhirnya berhasil mencetak rekor tercepat pada Utah's Bonneville Salt Flats pada tahun 1967. Aslinya, motor berkekuatan 11 horse-power, 596cc sidevalve, dan kopling yang dikendalikan dengan kaki ini bisa melaju sampai kecepatan 60 mph. Munro memodifikasinya dengan kopling 17-plate dan mesin 950cc sehingga bisa melaju sampai 184 mph.

7. CHiPs (1977)
Dalam film ini menampilkan sepada motor Kawasaki KZ-900P yang dikendarai oleh Frank "Ponch" Poncherello.

8. Then Came Bronson (1969)

Film yang dibintangi oleh Jim Bronson ini menampilkan motor Harley-Davidson Sportster XLH 900cc tahun 1969.

9. Renegade (1992)

Lorenzo Lamas berperan sebagai Reno Raines yang merupakan seorang petugas polisi. Dalam film ini Lorenzo Lamas mengendarai motor Harley Davidson Softail Custom tahun 1992.

10. Street Hawk (1985)
Dalam film ini, Rex Smith yang berperan sebagai Jesse Mach mengendarai motor klasik Honda XL500 trailbike tahun 1983.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar