Sepertinya selentingan kabar berita tentang Launching New Yamaha Mio 125 Blue Core bukan isapan jempol belaka. Sejak kemarin tanggal 5 November 2014 Yamaha Indonesia (YIMM) sepertinya sudah mempersiapkan segala sesuatu dengan perilisan Yamaha Mio Blue core ini. Hal yang paling terlihat adalah situs Yamaha Indonesia sendiri, setelah diintip – intip ternyata nama lengkap dari Mio Blue Core ini adalah “Yamaha Mio M3 125″ yang menggunakan mesin dengan teknologi Blue Core. Mengenai desain warna New Yamaha Mio M3 125 tersedia dalam corak warna merah, putih, magenta, hitam, coklat, dan kuning :
Jika dilihat dari desain dan warna sepertinya Yamaha Mio M3 125 ditujukan khusus untuk remaja :
Selain menggunakan mesin baru dengan teknologi Blue Core yang digadang – gadang lebih superior dibanding pendahulunya Mio karburator dan Mio YMJet Fi fitur dan desainnya pun terlihat baru :
Untuk Spesifikasi lengkap Yamaha Mio M3 125 Bro & Sis bisa lihat data dibawah ini :
BTW tanpa disangka – sangka Yamaha Indonesia (YIMM) merilis New Mio M3 125 blue core hari Jumat kemarin di Mall of Indonesia (MOI) dan hari Sabtu sekarang adalah launching untuk konsumen sekalian test ride di Sirkuit Sentul. Untuk harga sementara ini untuk versi CW 13,98 juta dan untuk versi SW 13,08 juta. Last untuk penampakan New Mio M3 125 blue core di MOI Bro & Sis lirik – lirik dulu photo – photonya dibawah…
`
`
`
Bedah Teknologi Mio M3 125 Part 1, Sistem Pengisian, Motor Bisa Hidup Tanpa Aki
Posted by aripitstopSebenarnya sich bloger2 kondang sudah bahas ini tapi saya coba bahas dengan sisi agak beda dikit lach hehehe… Mio M3 125 sekarang sudah tidak mengandalkan lagi tenologi YMJET FI namun kini berganti dengan blue core yang merupakan gabungan teknologi dari motor matic sebelumnya sehingga menghasilkan motor yang efisien, handal dan bertenaga.
Saya akan bedah teknologi yang ada di MIO M3 125, kali ini saya akan bahas sistem pengisian ke aki. Mio M3 menganut sistem pengisian 1 Phase terbuka sebenarnya sama dengan Mio j yang lama namun untuk Mio M3 125 besaran out put-nya lebih besar dari mio Mio j yaitu sebesar 14,0v, 150w@5000 rpm dibandingkan dengan Mio j cuma 125w@5000 rpm ( lihat tabel dibawah). Stator Mio 3 memiliki 12 kutub sedangkan di magnetnya ada 11 pitch, bisa menghasilkan daya out put yang besar dan stabil untuk kebutuhan kelistrikan fi, battery, lampu dll.
Pengisian alias setrum aki memakai sistem pengisian 1 phase terbuka, cara kerjanya ketika motor dihidupkan maka stator akan akan menghasikan tegangan listrik yang tinggi ber arus AC, tegangan listrik ini akan di salurkan ke rectifier & regulator alias kiprok untuk dirubah menjadi arus DC untuk di salurkan ke aki, nach pada saat sistem penyetruman ke aki berlangsung arus terus berjalan sampai mengisi penuh ke aki, jika pengisian alias penyetruman ke aki sudah penuh maka pengisian akan terhenti, inilah sistem kerja pengisian 1 phase terbuka dimana setrum aki akan berhenti jika aki sudah penuh sehingga kinerja stator bisa lebih ringan sehingga mengurangi beban mesin karena generator berhenti mensuplai arus listrik. Beda dengan sistem pengisian 1 phase tertutup seperti di Mio lama atau mio sporty jika pengisian ke aki sudah penuh maka sistem charging tetap berjalan arusnya dibuang ke massa sehingga generator ( strtor dan magnet) tetap bekerja terus.
Selain itu Mio M3 125 juga sudah dilengkapi dengan kapasitor bank letaknya jadi satu dengan kiprok jadi motor akan tetap hidup meski aki dalam kondisi soak bahkan tanpai aki motor juga tetap bisa hidup. Tapi kapasitor bank ini hanya sebagai cadangan saja loch… jika aki sudah soak ya secepatnya diganti karena jika suplay arus ke siatem injeksi tidak stabil akan mengakibatkan kinerja sistem injeksi tidak bekerja maksimal. Nach untuk membuktikan Mio M3 125 bisa hidup tanpa aki
Kompresi Tinggi Tembus 60 km/liter lebih dingin 21 November 2014
Posted by ipanase in bbm, info otomotif, injeksi, motor matic, opini, otomotif, pertamax7, pertamax7.com, skutik, yamaha, YZF-R15, YZF-R25.Tags: Blue core engine, blue core yamaha, pertamax7.com, yamaha blue core engine, yamaha mio 125, yamaha mio M3
trackback
pertamax7.com, mau bahas ini berhari-hari lalu keluapaan, yuk bedah mesin blue core yamaha 125 cc air cooled…..
setidaknya ada 4 kelebihan yang ditawarkan yamaha pada mesin blue corenya yakni
1. irit bahan bakar ( 60 km/liter )
2. efisien dengan kompresi besar
3. lebih dingin
4. lebih bertenaga..
yuk dibahas…
teknologi terbaru yamaha ini menganut tagline smart technology for smart life yang mengedukasi penggunanya agar menggunakan teknologi pintar untuk kehidupan pintar..
blue core engine memaksimalkan port in dan out
tujuannya supaya campuran bahan bakar dan udara lebih lancar, sementara untuk out supaya buang juga lebih lancar.. hal ini menbuat mesi efisien..
kompresi besar
yamaha blue core engine 125 menggunakan kompresi yang besar untuk kelas matic yakni 11:1 , pertamax only ( minimal ron 92 ) hal ini bertujuan supaya pembakaran optimal, tenaga optimal, lantas jika pake premium ron 88? tidak seoptimal rom 92…
tenaga kuda lebih besar
tentu dengan kubikasi 125 cc, tenaga yang dikail si blue core akan lebih tinggi ketimbang matic yamaha sebelumnya yang cuma 115 cc ( tepatnya 113 an )
bensin lebih irit
cc lebih besar bukannya tambah boros? belum tentu, dengam kubikasi 125 cc yamaha mengklaim si blue core tembus 60 km/liter ( menggunakan high octane ) .. lebih irit juga dengan blue core technology
lebih dingin
meisn jadi lebih dingin dengan blue core technlogi karena mengunakan kipas berbaling-baling banyak…
sudutnya juga telah dihitung supaya angin yang masuk meniup kisi-kisi mesin lebih banyk, lebih deras, mesin lebih dingin.. hal ini didukung dengan piranti lain yakni oil injector ( kalau nggak salah sebut ) guna menyemprotkan oli mesin ke piston saat bekerja
tak hanya oli, juga yamaha blue core engine mengunakan Offset Crankshaft untuk mengurangi friksi aka gesekan Piston dengan Liner / boring..
dengan teknologi diatas, yamaha Mio M3 125 blue core engine bakalan wah nih…
nih videonya..
pertanyaannya…
60 Km/liter 50% lebih irit dari versi lama ( mio J 113 mungkin ), lantas mio J 113 tembus berapa km/liter?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar