Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Perbedaan Honda BeAT eSP, BeAT Fi, BeAT POP

Perbedaan Honda BeAT eSP dengan BeAT Fi

Mesin - Perbedaan Honda BeAT eSP dengan BeAT Fi yang paling utama ada di mesinnya. Seperti namanya, BeAT terbaru 2015 dibekali dengan teknologi eSP (enhanced Smart Power) yang kerja mesinnya mampu meminimalisir gesekan antar komponen di dapur pacu sehingga kerja mesin jadi lebih maksimal. Melalui pengujian diatas Dynotest, performa mesin eSP sedikit mengungguli BeAT injeksi Fi dengan top speed mencapai 94 km/jam. Sedangkan BeAT Fi mentok di 89 km/jam. Akselerasi BeAT eSP juga lebih cepat dibanding pendahulunya itu. Sejauh ini, teknologi eSP baru dimiliki oleh Honda PCX 150 dan Vario Techno.
Desain Cover Depan - Secara tampilan, perbedaan Honda BeAT eSP dengan BeAT Fi terlihat di cover setang depannya. di BeAT eSP lekukannya kelihatan lebih kecil. 

perbedaan BeAT eSP dan BeAT Fi
Speedometer - Tampilan instrumen pada speedometer juga berbeda dengan sedikit penyegaran dengan perpaduan kelir merah dan hitam.
Speedometer BeAT eSP dan BeAT Fi
Knalpot & Fan Cover - Desain knalpot terbaru BeAT eSP terbaru juga terlihat lebih sporty. Melirik sedikit ke belakang, desain cover kipas juga terlihat berbeda dengan BeAT Fi.
knalpot BeAT eSP dan BeAT Fi
Step Floor - Perbedaan berikutnya ada di tampilan pijakan kaki / dek  pengendara. Untuk dimensi luasnya memang terlihat sama dengan BeAT versi sebelumnya.
Fitur - Beberapa fitur canggih yang tak terdapat pada BeAT Fi antara lain AGC Starter dan Idling Stop System.

Perbedaan Honda BeAT eSP dengan BeAT POP

Honda BeAT eSP dan POP
Honda BeAT eSP dan POP
Keduanya adalah varian terbaru yang meluncur bersamaan pada 11 Desember 2014. Dengan sama-sama dilengkapi mesin eSP, perbedaan BeAT eSP dengan BeAT POP tidak terlalu jauh. Apa sajakah itu?
Desain - konsep Honda BeAT eSP nampak lebih sporty dengan lekukan yang terlihat tegas. Sedangkan Honda BeAT POP konsepnya lebih dinamis dan sylish. Perbedaan ini membuat dimensi BeAT eSP sedikit lebih panjang. Walaupun perbedaan itu cuma terpaut beberapa cm saja.
Perbedaan Honda BeAT eSP dan BeAT POP
Honda BeAT eSP dan BeAT POP
Untuk detil perbedaan Honda BeAT eSP dan BeAT POP bisa dilihat blog kang IWB disini. Sedangkan detil perbedaan Honda BeAT eSP dengan BeAT Fi bisa diliat di TMCBlog disini
Harga - Dari segi harga, perbedaan Honda BeAT eSP dengan BeAT POP memang tidak terpaut jauh. Harga termurah BeAT eSP adalah yang tipe CW (tanpa fitur CBS dan ISS) dengan harga Rp. 14.150.000,- .Sedangkan BeAT POP harganya Rp. 13.850.000,- Untuk varian termahal dengan CBS dan ISS dibanderol Rp. 800 ribu lebih mahal. Dan tipe dengan CBS saja terpaut Rp. 300 ribu lebih mahal untuk masing-masing versi.

1mesin-umum
Secara umum mesin eSP pada Honda beat eSP terlihat mirip sama dengan mesin beat FI sebelumnnya. Namun Air duct ( saluran udara dari filter ke Box CVT ) berbeda. Kompresi mesin dinaikkan dari 9,2 : 1 ke 9,5:1  . . . Koq Bisa dinaikkan, Bisa jadi karena Honda sudah lebih percaya diri dengan sistem pendinginan pada blok silindernya yang kini sudah mengadopsi spiny sleeve ( baca artikel terlebih dahulu mas bro ) . . .
menurut Pak Edhi Sarwono, Ukuran dimensi dari Bore x Stoke ada perbedaan dengan Kubikasi Honda beat FI lama bro . . . Jika Honda Beat FI lama bore x strokennya 50 x 55 mm maka di Honda beat eSP ukuran bore x strokenya 50 x 55,1 mm  . . . Beda 0,1 mm . . . terasa kah kira kira ? :D apa kira kira impactnnya . ..  kita terusun ke bawah mas bro . . .
2rockerarm-pin
Yang kedua adalah Roller Rocker arm ( RRA) . Bukan ham baru dan wah . . . Sebenarnnya di Honda Beat FI yang lalu sudah menggunakan  RRA ini  . . . namun di Honda beat eSP ukran RRA nya lebih kecil dibanding RRA pada Honda beat FI lama. Plus di Beat eSP ada baut untuk pegangan Roller rocker arm ke blok mesin
Piston pada Honda Beat eSP (56,7 gram) lebih Ringan  11,5 gram dibanding bobot piston Beat FI yang lama (68,2 g) …. penurunan bobot piston ini bisa disebabkan oleh karena coakan pada sisi samping piston lebih besar dibanding coakan dinding piston samping bawah Pada Honda beat FI lama. Dan karena coakan dinding piston lebih lebar maka panjang Pin piston bisa di urangi dari  38,52 mm menjadi 32,9 mm  . . . berkurang sekitar 5,62 mm  . . . setengan cm bro . . . signifikan banget. Pengurangan panjang pin piston menyebabkan bobot dari pin piston pun berkurang dari 21 gram ke 17 gram saja atau turun 4 gram . . .
so total penurunan bobot piston dan pin adalah sekitar 15,5 gram bila dibandingkan dengan Beat FI terdahulu. . . ini membuat gerak naik turun dari piston akan lebih ringan  . . . dan di harapkan efesiensi kerja mesin menjadi semakin meningkat, akan kah membuat tarikan beat eSP menjadi lebih responsif dari Beat FI?  . . . silahkan tunggu saat nanti tmcblog uji dengan race logic :D  . . . namun petanyaan kekhawatiran akan muncul . . . piston lebih kecil pake dicoak segala terlebih lagi kompresi dinaikkan akan kah membuat piston jadi lebih rentan ambyar ? Tentu semua ukuran, kekuatan piston telah diukur oleh Honda  . .. walaupun begitu tentu uji pakai oleh konsumen nanti yang akan menjawabnnya . . . adakah dalam 2-10 tahun pemakaian nanti Beat eSP akan bermasalah di Piston?
3spul-beat-esp
Lalu bagian spul nya, pengisian listrik Honda Beat eSP berbeda dengan honda Beat FI . . . dari single Phase menjadi 3 phase . ..  jika di beat FI ada 12 gulungan, maka di bear eSP ada 18 gulungan  . . . karena sistem pengisian berbeda maka flywheel nya pun beda banget . . . jika di Beat FI masih ada 9 tonjolan  maka di sistem Beat eSP yang sudah 3 phase gak ada tonjolan pickup sama sekali mas bro
4crank-beat-esp
Crankshaf Beat eSP berbeda dengan Crankshaft beat FI . . . diameter poros Crankshaft lebih besar dengan mur ukuran 12 mm jika dibandingkan dengan mur poros Crankshaft beat FI yang masih menggunakan ukuran 10 mm
4crank-beat-esp-a
Nah Karena tadi sudah dibahas bahwa Stroke Honda beat eSP lebih panjang 0,1 mm ..  . maka jarak small end dan Big End dari stang sehernnya pun berbeda . . . so stang seher juga beda ya ?
11-movable-beat-esp
Movable drive juga berbeda  . . . untuk Honda beat eSP movable drivennya memiliki diameter lebih besar sebanyak 6 mm atau 0,6 cm . .. jadi confirm movable Beat eSP tidak bisa di replace dengan Movable Drive Beat FI
5belt-beat-esp
Sebenrnnya jarak poros antar pulley di CVT tetap sama, namun karena Movable drive Honda Beat eSP lebih besar, maka Drive Belt nya jadi ikut ikutan lebih panjang nih dari 805 mm di bealt drve Beat FI lama menjadi 820 mm di Honda Beat eSP baru . .. ini lumayan banget lebih panjang 1,5 cm . . . ini lah yang tmcblog sempat tanyakan di sesi Q&A dengan Pak Sarwono Edhi . . . apakah belt lebih panjang akan membuat tarikan tidak responsif nantinya?
Jawaban pak sarwono Edhi adalah  . . .  panjangnnya belt drive itu dikarenakan kemiringan dari Movable drive  namun tidak mempengaryuhi performance (menurunkan performance karena jarak pulleynya sama)
Lalu Rollernnya pun dibuat lebih berat 2 gram perpiece, ( bobot roller beat eSP 15 g-roller beat FI 13 g) dengan jumlah roller yang tetap yakni 6 roller . .. diameter roller beat eSP dibuat lebih kecil 0,11 m dibanding roller beat FI . . . dan kembali di sesi Q&A tmcblog tanya lagiii . . . * nanya mulu nih hehehe  :D Lho kenapa dibuat lebih berat dan lebih kecil?
Jawaban Pak sarwono edhi adalah  . . . Secara total  . . . ada perbaikkan perfomance di Low dan mid rpm dengan membuat Roller jadi lebih berat dan perbaikan movable drive jadi lebih lebar dan perbedaan kemiringannnya.
6drivehaft-beat-esp
Lalu drive shaft di pulley belakang pada Beat eSP tidak menggunakan lagi o-ring (belum tahu nih maksudnnya apa) lalu yang menarik adalah Drive Face nya yang sekarang dimiripkan dengan drive Face dari vario 125 maupun PCX 150 (mirip doang tapi tidak sama) , terbuat dari Alumunium dan tidak lagi terpisah dua bagian . . . semua digabung casting jadi satu. Fungsin sirip kipasnya nya tetantu tetap sama adalah untuk pendinginan. Yang jelas cost pembuatan akan minimal karena sekarang cuma sekali buat part saja . . . dan partnnya pun jadi lebih murah harusnnya, imho
7crankcase-beat-esp
Kemudian Mesin bagian kanan atau CrankCase R dari Honda Beat eSP bebeda dengan Crank Case R beat FI . . . ini dikarenakan Crankshaft nya berbeda dengan poros sumbu yang lebih lebar diameternnya . . . so bisa bro lihat daerah yang di lingkari merah pun berubah jadi lebih lebar lubangnnya
7crankcase-beat-esp
8speedsendor-beat-esp
nah CrankCase bagian sebelah Kiri  atau CrankCase L dari Honda beat eSP juga berbeda bro  . . . karena Honda Beat eSP sudah menyatukan starter motornnya di eSP maka ngak butuh lagi dinamo starter konvensional  maka CrankCase L nya udah nggak ada dudukan dinam ostarter lagi sob.
11-speed-sensor-beat-esp
dan hmmm ini menarik jadi sebenarnnya Honda beat eSP itu pakai dua speed sensor  . . . satu speed sensor analog di depan untuk konsumsi spedometer dan yang satu lagi speed sensor digital yang letaknnya dibagian bagian CrankCase L. Namun perlu digaris bawahi informasi data yang diperoleh dari speed sensor digital ini bukan untuk konsumsi speedometer . . . namun untuk konsumsi sistem idling stop ( ISS)  . . . seperti kita ketahui sistem ISS akan bekerja jika mendeteksi kecepatan lari dari motor adalah nol km/jam selama 3 setik . . . nah data speednya diperoleh oleh speed sensor digital ini. Untuk beat esp non ISS nggak ada speed sensor ini . . .
Intermezo . . . melihat lokasi speed sensor yang dbelakang ini jadi keingetan kasus speed sensor pedrosa yang ketowel sama marques di aragon 2013 heheheh :mrgreen:
9-cly-comp-beat-esp
Di bagian Transmisi yang di box CVT bagian belakang menghadap ke kiri . . . ada perbedaan bagian case transmisi Beat eSP bila dibandingkan dengan bagian Transmisi dari Honda Beat FI . . . ada semacam  RIB atau tulangan untuk mengarahkan Oli kebagian poros sehingga dapat menghindari pergolakan oli transmisi. menurut Pak Sarwono edhi, pergolakan oli yang terjadi pada beat FI sebelumnya dapat menghambat laju gear ( gigi tarnsmisi )  . . . mau lebih jelas   . .  cekidot gambar gambar berikut sobb
12-rib-beat-esp
jadi yang Beat FI lama nggak ada  Ribnnya dan yang Honda Beat eSP ada rib nya. Oli Transmisinnya pun berbeda volumennya sebanyak 10 mili liter
spiny-sleeve7
Lalu soal silinder comb (liner) dari silinder beat eSP  berbeda dibanding Honda beat FI sebelumnya  .. .  dimana Liner silinder Honda beat eSP  sudah mengadopsi Spiny Sleeve  . . . hal ini sudah kita bahas secara panjang lebar dan Khusus pada artikel pemanasan sebelumnya  . . . silahkan cekidot kesana bro jika belum membacannya
10-cyln-head-beat-esp
Yang teakhir adalah perbedaan bentuk silinder head cover . . . plus  letak dudukan bolt pada head cover pun berbeda sob. Yang Beat FI lama lebih rata, sedangkan yang beat eSP baru tidak rata banget. Plus juga tutup Kipas berbeda mas bro . . .  nahhh itu di sesi mesin . . . bagaimana di sesi bentuk, kelistrikan , sasis dan lain lain . . . silahkan simak kelanjutan dari tematis kupas tuntas mesin Honda beat eSP ini tentunya hanya di TMCBlog.com . . . silahkan dikunyah kunyah, semoga berguna . . . selamat hari Ibu gbagi semua ibu di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar