Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Akselerasi Makin Siiipp...New Vixion Lightning Pasang Per Kopling Tiger

ADVERTISEMENT
Halo agan-agan yang budiman, jumpa lagi di Kenthoet BoreUp , blog yg aktual, tajam dan sensual ini :D .. Oke kali ini ane, selaku penulis mau menulis sesuatu tentang motor ane NVL titanium gold. Motor yang ketika artikel ini dipublish usianya udah menginjak 2 tahun lebih 2 bulan ini, ane rasa-rasa kok akselerasinya udah gak JOSS lagi kayak dulu., tentu hal ini termasuk wajar, dikarenakan usia pakai yang udah lumayan lama tentu ada beberapa part yg udah mulai aus, misal kampas kopling yang aus atau per kopling yg udah ‘lembek’ sehingga bikin akselerasi gak seenak ketika motor turun dari dealer :D
image

Nahh… untuk mengembalikan lagi akselerasi si Titanium Gold biar lebih nampol, ane mengikuti saran teman2 sesama penunggang NVL, yaitu mengganti per kopling standar dengan per kopling kepunyaan Honda Tiger.
Langsung saja ane berburu per kopling Tiger di bengkel terdekat, eh ternyata langsung dapet dengan harga 30ribu/4buah alias 7500/buah , murah juga ya ternyata :D
image
^^penampakan per kopling tiger^^
Gak pake lama, langsung saja ane bongkar kopling motor ane, pertamax-tamax kuras oli nya pake kunci ring 19″ , lalu lepas kick starter (kalo ada) pake kunci 19″ juga, kemudian buka semua baut pengikat kalter kopling menggunankan kunci T 8″ , lalu getok2 menggunakan palu karet bagian tepi kalter biar mudah terlepas, usahakan pakingnya jangan sampai sobek ,kalo sobek ya terpaksa siapkan paking baru. Ketika udah copot kalternya, silahkan lepas 4 baut pengikat per kopling menggunakan kunci T 10″ . kalo udah monggo langsung diganti saja per koplingnya, atau biar lebih mantap sekalian dipreteli dan dicek kondisi kampas kopling nya, kira-kira masih layak pakai atau nggak, kebetulan kondisi kampas kopling motor ane beberapa udah mulai aus , jadi ane ganti saja sekalian pake kampas kopling Jupiter MX atau bisa juga pake kampas kopling Honda GL lebih murah n lebih nggigit.
image
^^ per NVL warna biru VS per Tiger warna hijau ^^
Kalo dibandingkan panjang per kopling NVL vs Tiger itu sama panjang cuma per Tiger diameter ulirnya lebih gede n jarak ulirnya lebih renggang jadi terasa lebih kaku tapi masih nyaman kalo dipake harian/macet-macetan.
image
^^kampas kopling yang masih layak pakai VS kampas kopling yang udah aus^^
image
Kalo sudah, silahkan rakit kembali kampas kopling dan per kopling semuanya kebalikan dari proses pembongkaran tadi,terakhir jangan lupa isi lagi oli mesin nya.
Oke sebagai gambaran estimasi biaya ganti per kopling dan kampas kopling NVL adalah :
1. Per kopling tiger 30ribu
2. Kampas kopling Jupiter MX 24ribu/lembar atau kampas kopling GL 98ribu/set
3. Paking kalter kopling vixion ori 19ribu
4. Oli Yamalube Supersport 70ribu
5. Ongkos bongkar 35ribu atau gratis kalo dibongkar dewe :D
Hasilnya nggak sia-sia gan.. sekarang NVL ane akselerasinya jadi makin yahud , torsinya terasa lebih nendang, apalagi kalo diajak sedikit nakal jadi gampang dingkatin roda depannya

By : Kenthoetboreup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar