Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Cara Menyetel Klep Motor Megapro

Sobat Bengkel Motor, Tips kali ini akan membahas cara menyetel klep motor khususnya motor laki atau jenis sport sebagai bahan peraga digunakan sepeda motor honda Mega Pro. Barangkali Sobtiktak ada yang belum berani stel klep sendiri lantaran tidak tahu caranya, inilah saatnya belajar utak-atik sepeda motor sendiri. 

Cara Menyetel Klep Motor Mega Pro


  1. Persiapkan peralatan yang digunakan sebelum melakukan penyetelan diantaranya:  Obeng (-) besar, kunci tutup klep/ring 24, kunci sok 14,kunci ring 08, kunci klep dan feeler gauge (Gbr.1).
  2. Posisikan Sepeda motor pada standar utama / standar tengah
  3. Buka tutup klep in (masuk) dan ex (buang), gunakan kunci tutup klep (alat khusus /SST) kalo tidak ada bisa menggunakan kunci ring / sok ukuran 24.
  4. Selanjut buka tutup magnet yang berada di samping kiri blok mesin dan diatas blok mesin sebelah kiri dengan menggunakan obeng (-) besar.
  5. Posisikan Piston pada top kompresi dengan memutar engkol menggunakan kunci sok 14, putar engkol berlawanan arah jarum jam sambil mengintip lubang kecil diatas blok mesin untuk melihat tanda posisi " T " (baca cara mencari posisi top kompresi)
  6. Pastikan klep dalam kondisi bebas dengan menggerak-gerakkan klep kekanan-kiri atau ke atas-bawah jika ada pergerakkan kedua klep berarti dalam kondisi bebas.
  7. Langkah berikutnya tinggal menyetel klep, Kendorkan mur pengikat baut stelan klep menggunakan kunci ring 08, kemudian masukkan fuller gauge ukuran 0,08 mm ke celah antara ujung klep dengan baut stelan klep, putar baut klep dengan kunci klep sampai terasa seret saat fuller gauge di tarik.
  8. Kencangkan mur pengikat baut klep, jangan lupa tahan baut stelan klep dengan kunci klep agar baut stelan tidak ikut berputar, lantaran celah klep bisa menjadi terlalu rapat jika ikut berputar.

Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka, pastikan tertutup rapat agar oli mesin tidak rembes keluar.
Hidupkan mesin, jika mesin berputar halus dan tidak terdengar bunyi tik-tik berarti anda berhasil..... eit jangan puas dulu lakukan tes drive untuk memastikan performa mesin menjadi semakin baik..... selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar