Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Cara Membedakan Busi Motor Asli dan Palsu

Sobat Bengkel Motor, Membedakan sparepart asli atau palsu gampang-gampang susah, butuh keahlian dan pengetahuan khusus. Seperti halnya sparepart yang sering dianggap remeh tetapi keberadaannya sangat vital salah satunya busi. Busi merupakan sparepart penting yang berperan terhadap terjadinya proses pembakaran. Busi yang baik akan menghasilkan percikan bunga api yang baik pula, dengan percikan buang api yang baik maka pembakaran akan berlangsung sempurna atau maksimal. Untuk memperoleh hasil percikan api yang baik busi juga harus meiliki kualitas yang baik.
Perlu sobat ketahui saat ini banyak sekali ditemukan busi dengan kualitas buruk atau asal-asalan, setelah di cek ternyata banyak sekali busi palsu yang beredar, tentunya busi ini memiliki kualitas rendah. Busi yang berkualitas rendah, biasanya adalah jenis busi tembaan alias busi palsu. Pastikan periksa dahulu sebelum anda membeli busi baru.

Cara membedakan busi asli dengan yang palsu

Berikut cara sederhana untuk membedakan antara busi asli dengan busi palsu
  1. Perhatikan dengan seksama bagian hextagon metalnya. Pada busi contoh NGK yang asli, terdapat kode khusus yang tertera pada bagian ini lihat gbr. Kode tersebut berisikan kode negara pembuat, bulan pembuatan dan tahun pembuatan. Kode tersebut berukuran sangat kecil. sampai saat ini busi yang palsu belum ada kode yang seperti itu. 
  2. Perhatikan bagian gasket atau Ring nya. Gasket / ring pada busi NGK dibuat unik, hal ini membuat gasket / ring busi NGK yang asli tidak akan bisa keluar lagi ketika sudah masuk. beda halnya dengan busi yang palsu pasti masih bisa lepas dengan mudah. 
  3. Daya tahan atau kekuatan busi palsu tidak sekuat busi asli. sebagai contoh biasanya untuk busi yang palsu ketika jatuh mudah sekali bengkok. 
  4. Busi NGK yang asli anti karat, sebab menggunakan metal shield yang sudah melewati proses plating selama lebih dari 4 jam,  sehingga jika sobat akan membeli busi di toko sebaiknya anda periksa apakah ada karat atau tidak. Jika ada karat meskipun kecil, dapat dipastikan busi tersebut adalah palsu, jadi urungkan niat sobat.
Demikian sedikit tips membedakan busi asli dengan busi palsu, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar