Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Deteksi Kerusakan Mesin Lewat Knalpot


Sobat Bengkel Motor, Tips ini mungkin skali lagi sudah usang buat anda, tapi tidak ada salahnya saya bagikan siapa tahu anda lupa, atau mungkin anda sobat atik-utak ada yang belum tahu jadi tambah ilmunya.

Deteksi kerusakan mesin lewat knalpot

deteksi kerusakan mesin lewat knalpotApa mungkin??? begini logikanya anda mungkin sering mendengar atau melihat dokter mendiagnosa pasiennya melalui kotoran ( feses ) atau air kencing ... betulkan????? kalo dokter saja bisa kenapa kita tidak???
Begini ceritanya kita cermati ujung knalpot saat motor dihidupkan, lihat apakah knalpot mengeluarkan asap atau tidak? harusnya kalo motor sehat ujung knalpot tidak keluar asap, kalo ternyata keluar asapnya berarti ada yang tidak beres pada motor anda.
Sekarang cermati dengan seksama warna asap yang keluar dari knalpot...... apakah warnanya biru atau hitam? soale warna asap bisa beda dan masing-masing penyebabnya juga beda. berikut diagnosa sanya.

Warna asap knalpot putih

Adanya asap putih menunjukkan masuknya oli mesin / minyak pelumas kedalam ruang bakar mesin dan ikut terbakar bersamaan dengan bahan bakar, namun tidak bisa terbakar sempuna alhasil sisa pembakaran berupa asap berwarna putih.
Kemungkinan ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:
  • Piston, ring piston atau silinder sudah aus sehingga tidak bisa menghalau oli masuk ruang bakar.
  • Perpak / paking blok silinder dan kepala silinder rusak / sobek, alhasil oli mesin merembes ke ruang bakar
  • Sil Klep Rusak / sobek, saat oli melumasi mekanisme katup sebagian masuk ke ruang bakar lantaran sil tidak mampu menahan rembesan oli mesin.

Warna asap knalpot hitam

Adanya asap berwarna hitam dari knalpot menunjukkan adanya pembakaran tidak sempurna yang disebabkan bahan bakar tidak terbakar seluruhnya sehingga menjadi sisa pembakaran berupa asap berwarna hitam.
kemungkinan ini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:
  • Bakan bakar terlalu boros stelannya, kalo jumlah bakan bakar yang masuk tidak diatur dengan baik (campuran ideal) maka mengakibatkan bahan bakar tidak terbakar sempurna
  • Filter udara kotor atau tersumbat, hal ini menyebabkan seolah-olah tercekik akibatnya jumlah udara yang masuk berkurang tetapi kevakuman piston tetap kuat menghisap sehingga memaksa bahan bakar keluar lebih banyak alhasil ada sisa bakan bakar yang tidak ikut terbakar.
  • Sistem pengapian yang kurang baik, jika api yang dihasilkan terlalu kecil mengakibatkan bahan bakar tidak segera terbakar habis.
  • Katup bocor, hali ini mengakibatkan bahan bakar masuk secara berlebihan, disamping itu kompresi menjadi bocor alhasil tekanan & suhu menurun yang mengakibatkan pembakaran tidak sempurna.
Sobat Bengkel Motor, mulailah pantengin knalpot anda sambil putar gas / handgrib tentunya sembari lihati ujung knalpot, cermati, kenali dan diagnosa, pada postingan selanjutnya kita bahas cara mengatasinya... (smoga sempat sobat)



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar