Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Penyebab dan cara mengatasi CVT Mio Berdecit

Sobat Bengkel Motor, bagi anda pengguna sepeda motor matic khususnya yamaha mio mungkin pernah mengalami saat sedang asyik-asyiknya berkendara tiba-tiba terdengar bunyi berdecit, gejala timbul saat gas (throtle) dibuka spontan atau saat anda sedang akselerasi atau mulai melewati medan tanjakan. berikut akan saya bagikan artikel mengenai masalah ini.

Beberapa Penyebab CVT Mio berdecit

  1. Terkena cairan. Adanya sejenis oli atau cairan yang lama menguap dan bikin licin mengganggung mekanisme kerja puli depan atau belakang. jadi, gesekan belt dan puli depan-belakang tidak sempurna. Trus, pemakaian gemuk yang berlebihan atau salah, juga bisa bikin selip. Muncul selip karena gemuk yang berlebihan dan enggak sesuai spesifikasi, muncrat ke komponen yang bergesekan dengan sabuk.
  2. Perawatan filter. Lho, apa hubungannya filter dengan decitan CVT? Umumnya pemilik skutik, tidak merawat filter akibatnya ada tumpukan debu atau kotoran sampai komponen penyaring itu kotor. Filter yang kotor membuat sedikit ruang untuk udara masuk ke bagian dalam CVT. Di sini yang bikin temperatur tinggi di atas toleransi. Efeknya, overheat bagian dalam CVT dan dampak jangka panjangnya bikin selip. Nah, dengan panas yang melebihi batas membuat gemuk di beberapa komponen mencair lebih cepat. alhasil gemuk yang menempel di piring drive-driven space, jika kena gesekan sabuk atau belt bakal menimbulkan gejala selip. Sobat Bengkel Motor saya sarankan agar setiap servis berkala jangan lupa membersihkan filter.
  3. Kelalaian mekanik. Hal lain yang bikin selip karena kelalaian mekanik yang tidak peduli terhadap kebersihan tangan. Cuek saja saat tangan yang penuh bekas oli atau cairan apapun. Saat bongkar pasang komponen CVT, tanpa sadar bekas oli tangan mekanik nempel di komponen CVT.
  4. Cairan lain. tidak semua belt cleaner buat mobil cocok dipakai pada motor. Coba lihat sabuk di mobil dan motor. kalau di mobil rata-rata terbuka, sedang CVT di skutik tertutup. Sehingga cairan di mobil lebih cepat mengering.

Tips tambahan:
Kalau sobat tidak sabar menunggu belt cleaner khusus untuk CVT skutik, ada cara paling sederhana dan murah. Pakai saja alkohol di atas 70% untuk mengelap atau membersihkan CVT. Gunakan setelah CVT habis dibongkar dan dipasang kembali, dengan cara ini kotoran, sisa minyak atau gemuk akan lebih cepat hilang dan CVT cepat kering. selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar