Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Fungsi Capasitor Bank

Haduwh…. Toblas bro….
Banyak artikel yang pending gara-gara kesibukan ane ngurusi orderan, giliran ada waktu… gantian jaringan internet yang payah..
Yo wis ahh… dikit-dikit ane coba update meski upload 1 foto nunggunya sampe ngabisin rokok 1 batang.. weleh.. weleh…. dyar tenan..
Sesuai janji ane kemarin… Mau bahas masalah Kapasitor Bank..
Apa sih kapasitor bank itu..???
url
Kapasitor bank sekarang banyak di jumpai di motor2 injeksi HONDA entry level juga mid level ( di high level justru malah gak ada ) .
Fungsinya sebagai penyimpan energi listrik sementara… Boleh di bilang kapasitor bank merupakan aki cadangan dengan daya simpan arus yang kecil.
Kenapa perlu ada kapasitor bank…???
Nah… part ini amat sangat membantu di kala aki tekor atau soak, piranti injeksi ( ECM dan fuel pump ) butuh tegangan untuk mempersiapkan diri ( booting ) sebelum motor di starter.
Cek dah.. pada motor injeksi pasti ada bunyi “ngiiiiiiing..” pada fuel pump ( tangki bahan bakar ) ketika kontak di nyalakan.
Itu pertanda fuel pump sedang menyiapkan tekanan bahan bakar ke injektor agar nantinya di semburkan ke ruang bakar.
Nah… untuk persiapan part tersebut pasti membutuhkan arus dari aki…. Lalu bagaimana jika aki bermasalah..??? Tekor atau soak.
Apalagi fitur AHO sering membuat motor2 jaman sekarang tekor karna pengisian ke aki lebih sedikit ketimbang pengeluaran.
Pabrikan AHM telah mengakalinya dengan kapasitor bank… Namun belum semua part ini di cangkok’kan ke motor injeksi Honda atau merk lainnya.
Baru CB150R dan Verza saja yang ane tau… Untuk ukuran ( Farad ) kapasitor bank ori pabrikan belum di ketahui nilainya, karena pas sesi tanya jawab dengan Pak Sawono Edhi ( AHM ) beliau pun tidak memberitahukan berapa nilai’nya.
Tapi nanti kalo nemu part’nya di loakan… ane coba ukur… meski gak ada alat ukur buat membaca nilai kapasitor, namun ane punya trik sederhana ngukur nilai Farad kapasitor.. hueheheheheheheheheh…
pertamax7-wordpress-com-119-small
Bagaimana motor injeksi lain yang belum pake Kapasitor bank…
Nih sedikit trik… Sebenernya ini trik lawas… dah pada pake ginian sejak motor karbu berkuasa. Juragan Pertamax7 juga udah pasang sejak jaman kompeni :mrgreen:
Kalo di motor karbu fungsinya sebagai stabilizer tegangan aki… Di motor injeksi pun sama… Selain buat stabilizer tegangan aki, juga berfungsi sebagai pemasok arus darurat.
Part yang di butuhkan hanyalah sebuah atau beberapa buah Kapasitor yang biasa di sebut ELCO ( Electrolit Condensator )
Ukuran yang di pake rata-rata 10.000uF, untuk tegangan yang penting di atas 16 Volt. Untuk harga sih bervariasi.. Untuk yang 10.000uF/50 Volt antara Rp 15.000 – Rp 20.000 saja.
Sedang yang 15.000uF kemarin ane beli Rp40.000… Tapi di jamin mantep….
Cara pasangnya cukup di hubungkan paralel dengan aki… Gitu doank… Simpel kan.
kapasitor
Untuk kedepannya… Ane mau mencoba ber-experimen ke motor yang lebih canggih, katakanlah Vario 125.
Di mana suply arus pada Vario ini di bagi-bagi menjadi beberapa bagian, cek dah bagian FUSEBOX ( rumah sekring ), di situ ada beberapa FUSE yang bertugas mengamankan part2 kelistrikan sesuai kategorinya, misal buat sistem injeksi, buat lampu-lampu, buat spido, sekring utama dan lain-lain…  jadi perlu trik khusus agar kapasitor bank ini berfungsi maximal pada wiring yang benar2 membutuhkan suply arus darurat.
Untuk motor jenis lain seperti Mio J, Soul GT, Beat Fi, Scoopy Fi cara pasangnya cukup di pasang paralel dengan aki…
Perlu di ingat bahwa Kapasitor ini mempunyai kutub negatif dan positif.
kapasitor - tanda negatif
Kutup negatif di tandai dengan garis atau tanda (-) pada sisi badannya.. Dan pemasangan tidak boleh terbalik.
Kutup Positif (+) kapasitor di hubungkan ke Kutub positif Aki, Kutub negatif (-) kapasitor di hubungkan ke Kutub Negatif Aki…
Kalo terbalik gimana…?????? Meledak masbroooo….. Gak percaya…??? Coba aja… :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
* ane belum sempet masang bro… belum ada waktu buat bongkar.
Sebenernya simpel sih… tapi karna Vario ane ada jamnya, jadi kalo nglepas kutub aki kudu seting ulang jam… nah itu yang bikin ribet karna seting jam ane harus buka setang, spido dll.
Tunggu artikel selanjutnyah….
Semoga kepingin.
 Posted by MazPed

Tidak ada komentar:

Posting Komentar