Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Beda Mesin Honda Vario 150 eSP Dengan Honda Vario 125 eSP

Posted by iwanbanaran in


Bro dan sis sekalian…seperti biasa AHM menyodorkan presentasi dengan judul similar dan unsimilar part antara new Vario125 vs Vario150. Walau hanya beda kubikasi ternyata cukup banyak part yang tidak sama. Detilnya seperti apa?. Berikut penjabaran teknis yang dipaparkan oleh pak Sarwono Edhi (Department technical AHM)….

Secara kubikasi jelas beda. Namun jika ditelisik lebih dalam….perbedaan tentu saja tidak hanya pada diplacement engine. Jika Vario125 mengusung mesin yang sama dengan gen sebelumnya (walau nggak sama plek…akan kita kupas diartikel terpisah)….maka Vario150 lebih cenderung mendekati PCX150 yang disesuikan dengan species anyar. Seperti apa??. Berikut perbedaan teknisnya (kiri new Vario125 kanan Vario150)…..
1. Engine
IMG_5165
Mesin jelas beda. Kubikasi Vario125 adalah 124,8cm3 maka untuk Vario150 adalah 149.3cm3. Selain itu…..kompresinya keduanya juga tidak sama yakni 11:1 melawan 10,6:1. Menurut pak Edi keduanya tetap tidak masalah walau dijejali bensin ron 88. Hal ini berlaku bagi sampeyan yang kesulitan mendapatkan bensin ron 92 khususnya dikota-kota pelosok…
2. Silinder head
Honda vario150 (22)
Tentu saja menyesuikan kubikasi valve seat serta size valve berbeda.
3. Valve in & Ex
Honda vario150 (21)
4. Silinder
Honda vario150 (20)
5. Piston
Honda vario150 (19)
6. Crankshaft
Honda vario150 (17)Honda vario150 (16)Honda vario150 (15)
7. Throttle body
Honda vario150 (14)
8. Injector
Honda vario150 (13)
9. Radiator
Honda vario150 (12)
10. Roller
Honda vario150 (11)
11. Spring Driven
Honda vario150 (10)
12. Peer kopling
Honda vario150 (9)
13. Movable drive
Honda vario150 (8)
14. Drive Belt
Honda vario150 (7)
15. Final reduction gear
Honda vario150 (6)
Yup….secara total ada 15 perbedaan yang disodorkan AHM mzbro. Selain itu tentu saja soal output power juga beda. Ketika Vario125 memuntahkan power 8.3KW/8500RPM torsi 10.8NM@5500RPM, maka Vario150 mencapai 9.3KW/8500RPM dengan torsi 12.8NM@5000RPM. Jadi accelerasi Vario150 memang lebih nampol sejak bawah dan bisa diraih dengan RPM yang lebih rendah. Lebih kurangnya seperti itu. Btw…sesi test ride sudah IWB siapkan dan akan kita kupas diartikel berikutnya. Ditunggu yo…digodok sik. Sekarang mau dlosor dulu rek. Wis ora kuat melek mripat koyok dipulut ki. Good nite….sugeng dalu…sampurasunnnn :mrgreen: ….(iwb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar