Jakarta - Selain penyempuraan pada mesin seperti yang sudah diulas sebelumnya, Honda juga mengganti desain All New Honda Vario 125 eSP jadi lebih futurstik bila dibandingkan dengan versi terdahulu. Tapi bukan hanya itu, ternyata tidak sekedar ganti baju, mau tau apa aja yang beda? Mari kita bongkar!
Dimensi
Secara menyeluruh, dimensi PxLxT New Vario 125 sedikit berbeda dari Vario 125. Dan New Vario 125 lebih panjang 17mm, namun lebih ramping 6mm dan rendah 7mm dari Honda Vario 125 versi sebelumnya.
Tidak hanya itu All New Vario 125 punya jarak terendah ke tanah 135mm, sementara versi sebelumnya 128mm. Karena ground clearance lebih tinggi jadi resiko mentok polisi tidur lebih sedikit.
Selain itu front cowl All New Honda Vario 125 terlihat lebih tipis, karena ternyata posisi aki yang tadinya berada di dalam tebeng depan dipindah kebagian dalam pijakan kaki persis seperti persis seperti lokasi aki pada Honda beat dan Vario 110. Jadi penampilan All New Honda Vario 125 eSP lebih gahar.
Sedangkan lampu rem di belakang yang sebelumnya hanya 5 watt, kini mengandalkan 10 watt. Sementara lampu seinnya masih mengandalkan sepasang bohlam 10 watt.
Sasis
Tidak sekedar bodi dan dimensi yang mengalami perubahan, bagian sasis juga berubah sob!ini terlihat dari perubahan sasis yang sebelumnya menganut pipa tubular bulat, kini menjadi pipa kotak. Desain pegangan tangki dan bagasi juga berubah. Tapi sasis keduanya sama-sama menggunakan tipe under bone.
Memang bobot kosong All New Vario 125 eSP lebih ringan 3 kilogram dari Vario 125 versi lawas yang memiliki bobot kosong 112 kilogram. Sedangkan tulang di bagian sasis New Vario 125 dirombak untuk kebutuhan tempat aki yang pindah ke bagian dek. Ini artinya, dudukan aki di tebeng headlamp kini hilang.Tak hanya itu, detail bentuk jok dan tangki reservoir radiator coolant juga berubah.
Pipa knalpot pada All New Vario 125 eSP punya lekukan baru yang disesuaikan dengan desain link engine hanger. Tidak hanya itu pipa knalpot All New Vario 125 eSP memiliki over penahan panas ke selang radiator.
Kaki-kaki
begitu juga dengan peleknya, yang tidak sekedar desain yang berubah, tapi juga lebar dan lekukan dalamnya. Lebarnya bertambah jadi 1.85-14 di depan dan 2.15-14 belakang. Yang sebelumnya hanya 1.60-14 di depan dan 1.85-14 belakang.
Sedangkan lekuk bagian dalam ditambah tonjolan atau punuk yang disesuaikan untuk aplikasi ban tubeless. "Bagian dalamnya ada lekukan semacam punuk gitu jadi kalau kempes tidak langsung habis anginnya,” tambah Edhi. (motor.otomotifnet.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar