Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Analisa Bunyi Klotok - Klotok CB150R

Hasil analisis sementara bunyi "klotok-klotok" engine Honda CB150R…..





CB150RSebelumnya IWB ucapkan terima kasih atas perhatian serta sumbangsih bro pembaca Blog IWB yang begitu luar biasa untuk urun rembug membahas keluhan beberapa penyemplak CB150. Artikel ini sekaligus mencoba memberikan pencerahan dari artikel sebelumnya yang masih belum terjawab tuntas….
Berbekal video yang dilampirkan para pembaca warung…secara pribadi IWB kini mendapatkan gambaran gamblang. Suara jebule memang lumayan mengganggu khususnya ketika idle. Tidak heran bro-bro yang mengalami merasa risih dan mencoba mendapatkan kepastian penyebab masalah yang terjadi. Syukurlah, pasca merilis artikel tersebut…..beberapa informasi berguna masuk kenews room IWB mencoba mengungkapkan fakta sebenarnya. Setelah mencocokkan dengan kondisi lapangan…..analisa sementara timbulnya bunyi “klotok-klotok” adalah…..
Dikarenakan kerenggangan atau clearance (axial) antara camshaft dengan camshaft holder L melebihi batas toleransi (diatas 0.15 mm) sehingga mengakibatkan suara “klok-klok” yang muncul diarea silinder head (Camshaft). Secara engine memang tidak akan mempengaruhi kinerja atau performa namun lebih kepada noisy sound diarea yang disebutkan. Terus gimana untuk menghilangkannya?. Tidak ada jalan lain kecuali part camshaft assy ( In dan Ex) diganti total. Kendati tidak official diumumkan oleh AHM…..pihak dealer siap membantu keluhan konsumen tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Penggantian part masuk klasifikasi urgent namun melalui prosedur normal warranty (membawa buku garansi pastinya). Nomer kode part yang bisa IWB kantongi untuk diganti adalah 1411A-K15-900 (Camshaft In) dan 1421A-K15-900 (Camshaft Ex)…..
Yup….itulah hasil analisa sementara atas biang masalah berisiknya beberapa engine siCB150R. Semoga sedikit bisa memberikan pencerahan kepada bro-bro penyemplak Street Fire. Yang patut dicatat disini adalah…..produsen disinyalir tidak tutup mata serta mencoba terus menyempurnakan produknya. Dan yakinlah….ketika isu sudah mencuat, atensi terhadap problem noisy sound engine DOHC sang CB pasti masuk prioritas mereka. Kalau tidak….konskwensinya berat kangbro. Sebab kompetisi sudah menginjak taraf high-level. Ibarat Mantili diSaur Sepuh…sang jagoan sudah mencabut pedang  Setan…..atau Brama Kumbara dengan ajian Lampah-lumpuhnya :mrgreen: . So…..bunyik klotok-klotok mesin CB150R??. Langsung diklaim aja mzbro….(iwb)

Periksa Kelonggaran/ke-oblag-an Camshaft-Holder CB150R


Assalamu’alaikum Wr Wb.
Salam sejahtera buat kita semua (biker, komentator, silent reader, blogger dll)
Menindak lanjuti artikel ane sebelumnya baca disini , mengenai analisis dan solusi dari masalah munculnya suara klotok2 di cylinder head CB150R, ane tambahin artikel tentang tahap2 membongkar camshaft holder dari CB150R (ane menggunakan engine CBR150R sebagai referensi), tapi sebelumnya pastikan bahwa suara tersebut memang berasal dari bagian cylinder head (dengan mendengarkan bunyinya dengan bantuan obeng panjang).

Tahap pendahuluan adalah kita harus tau gambaran dari objek yang akan kita oprek dan letak dari bagian yang ingin dibongkar, dalam hal ini camshaft holder. Chamsaft holder terletak di cylinder head, sylinder head terletak di belakang radiator diatas cylinder dan dibawah tangki bensin. Berarti kalo ingin bongkar cylinder head harus memperhatikan bagian2 disekitarnya.
posisi engine cb150r
Posisi engine CB150R
head cover cbr150
Bagian cover head cylinder yang akan dibuka
cam holder
Bagian camshaft assy yang akan diperiksa
Tahap 1.
a. Lepas cowl (tebeng angin) kiri kanan, Lepas tangki bensin : copot bolt (baut) tarik tangki ke kebelakang, angkat dan copot saluran bahan bakar dan kabel sensor+fuel pump.
tangki bensin
b. Lepas 2 baut radiator, copot saluran dari head cylinder dan Lepas semua yang ada di tutup head cylinder
radiator
Tahap 2 : Copot 2 baut tutup cylinder head dan lepaskan tutupnya (perhatikan gasket, pin dowel dan O-ring)
cover head
Tahap 3.
a. Lepas tutup lubang magnet dan lubang timing, putar magnet sampai T pas di tandanya
T mark
b. Lepas tensioner rante kamprat (timing chain)
tensioner
c. Lepas 2 gir timing yang ada di noke-as (camshaft) dengan melepas 4 bautnya (ati2 baut dan gir/sproket jangan sampe jatuh ke dalam crankcase, bahaya bro bisa-bisa belah mesin untuk mengaambilnya)
cam bolts
d. Lepas pengarah rante kamprat yang ada di atas noken-as
cam guide
e. Lepas semua 4 baut holder noken-as à copot dah holder + noken-as nya
cam holder bolts
Baru kemudian kita dapat memeriksa koclak/oblag apa nggak noken-as dengan holdernya, kalo koclak berarti dah aus, atau ukur diameter lubang holder = maksimum 17,027 mm dan diameter poros noken-as nya minimum 16,96 mm, diluar batas itu part harus ganjel dengan plat kuningan tipis atau diganti (lembiru).
Bagi yang lebih faham, mohon dibetulkan dan ditambahkan, semoga bermanfaat.
Artikel lain tentang oprek2 mesin motor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar