Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Salah satu faktor penyebab mesin SOHC yang sudah berumur menjadi berisik!





Sepeda motor yang sudah mulai berumur biasanya sudah mulai menimbulkan suara suara yang tak nyaman didengar , salah satunya ditimbulkan suara gemelitik , semacam tak tik tak tik tek tek tek di area cylinder head … biasanya pemilik sepeda motor mengeluhkan adanya suara gemelitik ataupun suara kasar mirip besi beradu , nah kali ini akan saya utarakan penyebab kasarnya suara mesin yang diantaranya bersumber dari dalam cylinder head ! , kebetulan contoh praktek saya kali ini adalah saat melakukan pembongkaran pada jenis motor bebek ” Suzuki FD 110 ” atau Shogun 110 ,

^ dari gambar diatas terjadi kerusakan /keausan pada permukaan pin rocker arm sehingga terjadi clearence antara diameter luar pin terhadap diameter dalam (lubang rocker arm) , selain berisik efeknya akan merembet ke gerakan rocker arm yang kurang presisi , akibat yang di timbulkan pangkal rocker arm akan bergesekan kurang beraturan terhadap bubungan noken As / cam shaft !




pangkal permukaan rocker arm yang tergerus memiliki permukaan yang tidak rata , sehingga gesekan rocker arm yang profilnya tidak rata terhadap camshaft mengakibatkan efek bukaan klep yang tidak presisi & timbul noise



rembetan lainnya menuju permukaan profil bubungan / tonjolan cam shaft ……. tidak ratanya / terkikisnya tonjolan cam shaft selain menyebabkan efek berisik , juga akan mengurangi performa mesin …. yaps tentu saja karena hisapan bahan bakar diatur oleh valve yang sumber gerakannya di atur oleh tonjolan camshaft ini ………

#diantara kerusakan kerusakan diatas …. , biasanya penyebabnya diawali dari :

1.faktor usia & pemakaian yang ekstra berat

2.ketidak disiplinan melakukan penggantian oli / volume oli berkurang / atau bahkan kehabisan oli

3.sirkulasi pelumasan di area cylinder head kurang lancar / tidak bekerja secara optimal

kalau sohc yang dengan RRA/ roller rocker arm trus gimana?

( roller rocker arm memang di desain untuk meminimalisasi gesekan , namun jika permukaan roller juga terserang kerusakan permukaan yang aus tidak rata , atau roller nya kocak ya kebisingan tetap bisa terjadi )

itulah sedikit faktor penyebab kebisingan mesin di area cylinder head….. masih banyak penyebab lainnya yang harus dilihat dari kasus & ciri cirinya ……. kebetulan temuan tersebut pada shogun 110 milik teman saya namun tak menutup kemunkinan semua motor / mobil dengan type valve train seperti ini memiliki sumber penyebab yang mirip dengan kasus diatas


Post By : Warung DOHC


Tidak ada komentar:

Posting Komentar