Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Mio J & Soul Gt Tidak Bisa Langsam

Mas bro punya MioJ / Soul GT yang putaran langsam / stasionernya kekecilan <1500rpm atau matian nggak bisa stasioner??? atau mesin tiba-tiba mati pas handle gas ditutup (deselerasi) ??? Tenang mas bro ndak usah galau bin risau soale ane ada sedikit tips nih buat menyembuh keluhan motor mas bro yang suka matian, memang c agak aneh kan MioJ / Soul GT sudah dilengkapi sensor ISC ( Idle Speed Control) yang fungsinya untuk menjaga putaran idle / stasioner / langsam berada di kisaran 1500-1600rpm sehingga rpm mesin tetep stabil di angka tersebut pas kondisi stasioner, tapi lha kok jadi matian? apakah sensornya rusak??
Eits belum tentu sensornya yang rusak mas bro ( kalo pengen tahu bisa di cek menggunakan Diagnostic tool nya Yamaha yang baru yang pake laptop itu lho ), bisa jadi setelan TPS ( Throttle Position Sensor ) nya yang kurang tepat , ya dari pabriknya setelan TPS MioJ biasanya berada di angka 16 degree / derajat dan memang sebagian besar MioJ ndak masalah dengan setelan TPS segitu artinya mesinnya normal n gak matian tapi ada beberapa MioJ yang bermasalah ( matian / stasionernya kekecilan ) kalo TPS nya di setel di angka segitu.
Jadi kita harus setel ulang TPS nya sampai ketemu angka yang pas biar MioJ sampeyan bisa kembali normal seperti sedia kala bagaimana caranya , cekibrot deh: :D1.Pretelin body samping sebelah kiri ,kalo sudah kendorkan mur pengunci baut setelan TPS yang ada di throttle body ( lingkaran kuning) menggunakan kunci ring 8′ .
^^ Baut setelan TPS
^^ Standart Value Mio J
2. Sebelum disetel, colokin dulu ke Diagnostic tool untuk memastikan angka TPS sebelum dilakukan penyetelan. Nah setelan TPS berada di angka 16 derajat sedangkan standart nilai TPS MioJ yang diizinkan pada saat handle gas tertutup penuh adalah 14-20 derajat ( lihat kotak kuning ). Kalo sudah tinggal setel baut yang ada di throttle body dengan cara memutar baut berlawanan arah jarum jam (dilihat dari atas) untuk menaikkan angka TPS. Coba naikan 1 angka saja dulu lalu coba hidupkan mesin,jika putaran langsam mesin berada di 1500-1600rpm berarti sudah normal dan bisa dikencengin lagi baut pengunci setelannya menggunakan kunci ring 8′,tapi jika langsamnya masih di bawah 1500rpm maka coba naikkan lagi 1 angka sampai ketemu  putaran langsam yang stabil.
^^ Angka TPS cuma naik 1 derajat dari 16 ke 17
Nah simpel dan sederhana kan mas bro :D , tapi sayangnya tips ini tidak bisa dilakukan sendiri tapi harus minta bantuan BeRes, soale yang punya alat diagnostic tool e cuma BeRes ;) ,tapi tenang kalo sampeyan benerinnya sekalian pas service ringan gak bakalan kena ongkos tambahan kok :lol: .

Post : By  http://kenthoetboreup.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar