Eits belum tentu sensornya yang rusak mas bro ( kalo pengen tahu bisa di cek menggunakan Diagnostic tool nya Yamaha yang baru yang pake laptop itu lho ), bisa jadi setelan TPS ( Throttle Position Sensor ) nya yang kurang tepat , ya dari pabriknya setelan TPS MioJ biasanya berada di angka 16 degree / derajat dan memang sebagian besar MioJ ndak masalah dengan setelan TPS segitu artinya mesinnya normal n gak matian tapi ada beberapa MioJ yang bermasalah ( matian / stasionernya kekecilan ) kalo TPS nya di setel di angka segitu.
Jadi kita harus setel ulang TPS nya sampai ketemu angka yang pas biar MioJ sampeyan bisa kembali normal seperti sedia kala bagaimana caranya , cekibrot deh: :D
2. Sebelum disetel, colokin dulu ke Diagnostic tool untuk memastikan angka TPS sebelum dilakukan penyetelan. Nah setelan TPS berada di angka 16 derajat sedangkan standart nilai TPS MioJ yang diizinkan pada saat handle gas tertutup penuh adalah 14-20 derajat ( lihat kotak kuning ). Kalo sudah tinggal setel baut yang ada di throttle body dengan cara memutar baut berlawanan arah jarum jam (dilihat dari atas) untuk menaikkan angka TPS. Coba naikan 1 angka saja dulu lalu coba hidupkan mesin,jika putaran langsam mesin berada di 1500-1600rpm berarti sudah normal dan bisa dikencengin lagi baut pengunci setelannya menggunakan kunci ring 8′,tapi jika langsamnya masih di bawah 1500rpm maka coba naikkan lagi 1 angka sampai ketemu putaran langsam yang stabil.
Nah simpel dan sederhana kan mas bro :D , tapi sayangnya tips ini tidak bisa dilakukan sendiri tapi harus minta bantuan BeRes, soale yang punya alat diagnostic tool e cuma BeRes ;) ,tapi tenang kalo sampeyan benerinnya sekalian pas service ringan gak bakalan kena ongkos tambahan kok :lol: .
Post : By http://kenthoetboreup.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar