Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Bedah Teknologi Suzuki Satria Fu Injeksi


Bedah Upgrade Mesin All New Suzuki Satria F150

Posted  : otomotifnet.com
 
Foto: SAlim
Teknologi Mesin Satria F150 Injeksi
Teknologi Mesin Satria F150 Injeksi
 
Jakarta - Selasa (16/2) lalu di Sentul International Circuit merupakan hari peluncuran generasi terbaru dari Satria, yaitu All New Suzuki Satria F150. Tak hanya tampangnya yang baru, tapi mesinnya juga benar-benar baru, kini sudah injeksi dan pakai radiator, serta banyak pula ubahan yang bertujuan memaksimalkan performa. Apa saja?
Teknologi Mesin Satria F150 Injeksi
 
Piston Lebih Pendek
Dari ruang bakar diameter piston masih sama dengan generasi sebelumnya yaitu 62 mm, namun ada perubahan profil. Pertama pakai pin 15 mm, lebih kecil 1 mm dari generasi sebelumnya yang semula 16 mm. Lalu piston dibikin lebih pendek, tinggi puncak piston ke pin dari 45 jadi 39 mm. Menurut Joseph Tan, Trainer 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) agar bobot piston lebih ringan 16% dari Satria karbu.
Klep Makin Besar
Katup alias klep juga mengalami rombakan, terjadi pembekakan sebesar 2 mm, "Efisiensi volumetrik jadi lebih baik," terang Joseph. Katup in yang awalnya 22 mm menjadi 24 dan katup ex dari 19 mm sekarang jadi 21 mm. Agar saat overlap lebih aman, pembesaran dilakukan dengan merombak sudut klep, jika Satria lama sudut klep in dan ex sama 20 , maka di versi baru jadi 16 untuk in dan 17 untuk ex. Sedang batang klep sama 4,5 mm, namun ukurannya sedikit lebih panjang.
Teknologi Mesin Satria F150 Injeksi
 
Kompresi Tinggi
Desain ruang bakar juga dirombak, bertujuan menaikkan rasio kompresi jadi 11,5:1 meningkat dari Satria karbu yang hanya 10,2:1.  "Jadi sebaiknya jangan pakai Premium, minimal Pertalite lah," saran Joseph.
Bedah Upgrade Mesin All New Suzuki Satria F150
Bedah Upgrade Mesin All New Suzuki Satria F150
 
Radiator Paling Besar di Kelasnya
Dengan rasio kompresi lebih tinggi, otomatis panas yang dihasilkan juga makin besar, tapi gak perlu khawatir jadi mudah overheat, karena Suzuki membekali dengan sistem pendingin cairan pakai radiator dengan dimensi paling besar di kelasnya, kapasitas cairan mencapai 1.260 ml.

Teknologi Mesin Satria F150 Injeksi
 
Tensioner Keteng Satu Arah
Bagian rantai mesin alias keteng juga mengalami upgrade, sekarang pakai keteng dengan tipe 4:3 dari 3:2 sehingga lebih kuat. Keteng ini mirip milik Suzuki FXR150. Tensionernya juga diganti model satu arah, seperti milik Shogun sehingga lebih kuat, bukan per spiral lagi.
Sistem Kopling Outer Pull Baru
Pada generasi terbarunya ini terdapat perbedaan pada sistem kopling outer pull-nya, yaitu dengan jumlah gigi stut lebih sedikit. "Efeknya adalah feeling memainkan koplingnya menjadi lebih sporty dan sangat responsif, namun ada sisi negatif yaitu kopling menjadi berat, tapi gak perlu khawatir kita sudah mengatasinya agar tetap enteng dengan cara as stutnya dibuat tebal," lanjut ujar Joseph.
Teknologi Mesin Satria F150 Injeksi
 
Masih banyak lagi perbedaan pada Suzuki Satria F150 injeksi ini, seperti di rasio dan sistem injeksi tentunya. Mau tau selengkapnya? Tunggu di artikel selanjutnya.
Penulis : Fariz, Aant
Data Spesifikasi Suzuki Satria F150 FI

Dimensi
P x L x T : 1.960 mm x 675 mm x 980 mm

Wheelbase : 1.280 mm

Tinggi jok : 765 mm

Ground Clearance : 150 mm

Berat kosong : 109 kg

Mesin

Jenis mesin : 4-tak, liquid cooled, DOHC, 4-valve

Jumlah silinder : 
1
Bore x stroke : 62 mm x 48,8 mm

Kapasitas mesin 147,3 cc

Power maksimum : 18,2 dk/ 10.000 rpm

Torsi maksimum : 13,8 Nm / 8.500 rpm

Sistem bahan bakar : Fuel Injection

Sistem penggerak : Rantai

Transmisi : 6 percepatan
Rangka

Tipe rangka : Underbone

Panel instrumen : full digital

Kapasitas tangki bahan bakar : 4 liter

Jarak tempuh : 200 km

Standar emisi : EURO 3

Shutter key, oil lever lens, ruang penyimpanan : tersedia
 Posted : By Iwanbanaran.com

Satria FU injeksi bedah total (8)
Entek wis kangbro….habis sampai ampas-ampasnya sebab kali ini IWB akan mengupas seluruh aspek perubahan jerohan mesin, sasis, fitur hingga seluruh detil sang ayago terbaru Suzuki Satria FU injeksi. Biarlah produk belum meluncur…namun khusus untuk para pembaca Iwanbanaran.com serta IWBspeed….artikel akan memberikan informasi total…bocoran teknis perubahan dan aspek lain. Ojo lali siapin gedang goreng lan kopi atau teh biar bacanya angler. Siapppp???. Ready goooooooooo!!!!!!! :mrgreen: ….


Dari pengamatan IWB…Suzuki betul-betul sekuat tenaga meracik new FU injeksi sesempurna mungkin. Segala sisi dirombak mulai dari teknologi lampu, speedometer, ergonomi riding, sasis, jok, engine (pasti) serta penambahan fitur. Semua akan IWB jabarkan dalam bocoran gambar….screen by screen (suwun kangbro). Cekidot pakde….
 
A. Dimensi dan sudut ergonomi riding

Satria FU injeksi bedah total (1) Satria FU injeksi bedah total (36)
New Fu FI secara fisik ternyata lebih panjang, lebar dan berat dibanding versi karbu. Jarak ketanahpun lebih jangkung ditambah tinggi tempat duduk yang bertambah 1 mm. Namun karena ada modifikasi pada bagian jok pabrikan mengklaim motor lebih memiliki kenyamana lebih dibanding old gen….


B. New headlight LED dan hadirnya visor

Satria FU injeksi bedah total (35)
C. New design main switch
Satria FU injeksi bedah total (34)
Cara nutup kunci magnet cukup geser tutup kunci magnet dekat tulisan “Shut’ dengan jari….dan membuka menggunakan kunci kontak hanya ditekan saja…jadi nggak perlu diputer

D. Desain shroud baru

Satria FU injeksi bedah total (33)
D. Revisi jok
Satria FU injeksi bedah total (32)
Desain jok yang lebih tipis sehingga membuat rider menyatu. Namun keempukan busa tetap diperhatikan….

E. Desain gear dan rantai baru

Satria FU injeksi bedah total (31)
Terdapat seal pada gear untuk menahan pelumas di dalam pin-pin rantai. Kemungkinan harga lebih mahal. Namun dipastikan kekuatan meningkat…

F. Desain rear fender easy plug

Satria FU injeksi bedah total (30)
Winglet bisa dilepas dari rear fender jadi tidak menyatu….

G. Bagasi depan

Satria FU injeksi bedah total (28)
Berkapasitas 1,5 liter. Bisa untuk menyimpan tool kit, kacamata ataupun HP…

F. Easy start

Satria FU injeksi bedah total (29)
Layaknya moge Suzuki, sekali colek engine hidup…

G. New Frame

Satria FU injeksi bedah total (27)
Rangka baru dengan bentuk kotak dan langsung memisah dari leher rangka

H. Perombakan kontruksi engine

Satria FU injeksi bedah total (25)
Satria FU injeksi bedah total (26)
Mesin baru tanpa rocker arm

I. Busi menggunakan tipe baru

Satria FU injeksi bedah total (24)

J. Desain rantai cam berubah

Satria FU injeksi bedah total (23)
Rantai cam chain dengan model 4-3. Suzuki mengklaim model ini seperti cam chain milik Shogun 110 lama, awet, tidak berisik, namun sepertinya juga lebih mahal dari model 3-2….

K. Panjang per klep berubah

Satria FU injeksi bedah total (22)

L. Kampas kopling

Bentuk kampas kopling masih sama. Hanya jarak kampas dibuat lebih renggang jadi memungkinkan oli dapat masuk dan melumasi lebih baik. Dan dengan itu, keluhan konsumen tentang kopling FU yang agak keras nantinya bisa teratasi jadi lebih empuk….
Satria FU injeksi bedah total (16)
Selebihnya….monggo intip wae lampiran gambar dibawah ini. Soale uakehhh bener. IWB sudah bongkar dan suguhkan sampai ampas-ampasnya buat sampeyan semua. Jadi pas peluncuran nanti sampeyan hanya tinggal intip fisik desain….sreg atau tidak. Nah….Jika ada yang kurang jelas…silahkan diskusikan via kolom komentar. Sing penting diskusi sehat ora debat ngawur kangbro. Lek geger sawat sandal swallow kene :mrgreen: . So….new Satria FU??. Betul-betul berubah total. Tunggu saja tanggal rilisnya bulan ini…..(iwb)
Satria FU injeksi bedah total (21) Satria FU injeksi bedah total (20) Satria FU injeksi bedah total (18) Satria FU injeksi bedah total (17) Satria FU injeksi bedah total (15) Satria FU injeksi bedah total (14) Satria FU injeksi bedah total (12) Satria FU injeksi bedah total (11) Satria FU injeksi bedah total (9) Satria FU injeksi bedah total (6) Satria FU injeksi bedah total (5) Satria FU injeksi bedah total (4) Satria FU injeksi bedah total (3) Satria FU injeksi bedah total (2)

Bedah total Suzuki all new Satria FU 150 injeksi……nih dia bukti power tembus 18,2HP !! December 23, 2015

Posted by iwanbanaran in : Otomotif , trackback
new FU injkesi iwb
Bro dan sis sekalian…bocoran tentang new Satria Fu 150 ini sebenarnya sudah IWB kekepin sejak semalam. Karena perlu proses untuk melakukan editing….baru pagi ini akhirnya artikel bedah total sukses IWB godok. Artikel pemanasan tadi pagi sebagai pembuka dan inilah varsi lengkap dari bedah total sang ayago injeksi Suzuki. Cekidottt kangbro….
460x110 IWBbanner Yamalube motoGP R
460x110
IWB mampu menjabarkan diartikel sebelumnya karena memang sudah ada data ditangan (suwun buat narasumber IWB….juozzz gandozzzzzz sampeyan :mrgreen: ). Seluruh bukti….mulai dari muntahan power hingga torsi dijabarkan secara gamblang. Tak terkecuali fitur hingga garis besar sistem injeksi sang ayago. Suzuki menggunakan Sonic 150 serta MX King sebagai benchmark pengembangan….
Terbukti….beberapa penjabaran mengupas komparasi ketiganya. Seperti power dan torsi, bagasi, kaliper dsb. Bocoran juga mengumbar fitur yang ada pada speedometer….bagasi dan pernik lain. Btw….seluruh penjabaran sudah IWB singgung diartikel sebelumnya. So…kali ini biarlah gambar yang berbicara. Btw…apakah banderol akan dipasang diangka 28 juta??. Jika ini dilakukan….Suzuki sama saja menggali masalah sendiri sebab diangka tersebut banyak pilihan yang akan mematikan siayago pelan-pelan. Secara pribadi IWB percaya SIS tidak akan gegabah soal pricing. Kita tunggu saja. So….new FU injeksi??. Jelas berubah total mzbro. Mantappp !!…(iwb)
new satria du injeksi iwb (3)new satria du injeksi iwb (2) new satria du injeksi iwb (4) new satria du injeksi iwb (5) new satria du injeksi iwb (6) new satria du injeksi iwb (7) new satria du injeksi iwb (8) new satria du injeksi iwb (10) new satria du injeksi iwb (11) new satria du injeksi iwb (12) new satria du injeksi iwb (13) new satria du injeksi iwb (14) new satria du injeksi iwb (15)new satria du injeksi iwb (9)

1 komentar: