Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Pengertian Tentang `TAK` Dan Motor 4-TAK

 

`Tak` disebut juga stroke/langkah/gerakan piston motor jarak langkah atau gerakan zuiger atau piston dari yang paling atas (rata dengan silinder blok) sampai gerakan paling bawah. gerakan piston yang paling atas biasanya disebut titik mati atas (TMA) dan gerakan paling bawah disebut titik mati bawah (TMB). langkah yang sangat terbatas itu disebabkan adanya kruk as yang menggerakan piston. Pergerakan piston adalahdari TMA dan TMB dan atau sebaliknya. Oleh sebab itu gerak piston disebut `Tak` atau stroke yang putaran kruk as-nya sebanyak 180 derajat (1/2 putaran).

Pengertian Motor 4-tak
Arti motor 4-tak adalah setiap jenis motor bakar yang dalam setiap silindernya untuk mendapatkan 1 x usaha memerlukan 4 x gerakan piston dan putaran kruk as-nya sebanyak 2 x (total 720 derajat) yang disertai terbukanya klep masuk dan klep buang masing-masing sebanyak 1 kali.

Catatan
pada motor 4-tak, dalam 1 siklus kerjanya posisi piston di TMA (puncak) terjadi pada saat langkah kompresi dan langkah buang, pembakaran pun terjadi 2 x karena tonjolan dimagnet ketemu pulser.

Prinsip Kerja Mesin Penggerak Sepeda Motor 4 Langkah
  • Langkah Isap
Katup Masuk Terbuka, Katup Buang Tertutup.
Piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB). Oleh karena gerakan piston dari TMA ke TMB, diatas piston terjadi pembesaran volume yang mengakibatkan udara akan mengalir dan bercampur dengan bensin di karburator untuk membentuk gas. Selanjutnya, gas tersebut akan mengalir kedalam ruang silinder melalui saluran masuk (intake manifold) dan katup masuk.
  • Langkah Kompresi
Katup Masuk Dan Katup Buang Tertutup.
Piston bergerak dari TMA dan TMB. Pada langkah ini ruangan diatas piston volumenya mengecil sehingga campuran sehingga campuran udara bahan bakar menjadi padat, tekanan dan suhunya naik. Beberapa derajat sebelum torak mencapai TMA terjadi letikan bunga api listrik dari busi yang membakarcampuran bahan bakar dan udara.
  • Langkah Usaha
Katup Masuk Dan Katup Buang Masih Tertutup.
Piston bergerak dari TMA ke TMB. Proses pembakaran menyebabkan campuran gas mengembang dan memuai sehingga energi panas yang dihasilkan oleh pembakaran dalam ruang bakar menimbulkan tekanan ke segala arah dan mendesak piston ke TMB. Langkah usaha inilah yang diharapkan pada mesin untuk dapat menjaga kelangsungan kerja dan perolehan tenaga mesin. Proses tenaga yang dihasilkan merupakan perubahan dari gerak rotasi diubah menjadi gerak translasi.
  • Langkah Buang
Katup Masuk Tertutup, Katup Buang Terbuka.
Piston bergerak dari TMB ke TMA. Setelah mesin menghasilkan energi yang diperoleh dari ledakan gas yang terbakar, selanjutnya piston bergerak ke TMA mendesak gas bekas sisa hasil pembakaran keluar melalui katup buang dan saluran buang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar