Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Deteksi Lampu Overheat Honda Vario Karburator Menyala


Jakarta - Suhendi punya sebuah pengalaman dengan Honda Vario versi pertama miliknya. Dimana lampu tanda overheat secara tiba-tiba menyala dan ini tentunya menandakan ada hawa panas yang berlebihan di mesin skutiknya."Setelah melewati banjir sebatas betis, selang jarak 10 meter, tanda overheat di panel indikator nyala.

Sampai rumah saya lihat tidak ada kebocoran di radiator, kenapa yah?" tanyanya.Kalau kata Andi P. dari bengkel AHASS Meruya, itu karena sensor pembaca suhu mesin terendam air terlalu lama. Soket dari sensor suhu mesin terhubung dengan waterpump, sensor ini yang memberi sinyal melalui lampu di dasbor jika terjadi panas.
"Kotor karena debu dan lumpur juga bisa jadi pemicunya. Sedangkan air bisa masuk dari sela-sela soket, makanya lampu tanda overheat jadi hidup, sebaiknya diperiksa dan di-reset ulang kalau ngaco setiap 3 sampai 6 bulan sekali," ucapnya. Nah, udah mengerti kan sekarang.

Umumnya, orang pasti menghakimi kalau radiator itu bocor, karena air di dalamnya habis sehingga membuat mesin jadi panas. "Kalau kipas radiator patah karena umur bisa juga merusak dinding radiator mengakibatkan radiator bocor, besar kemungkinan juga bisa," bilang Hasan dari bengkel Hasan Motor, di daerah Pos Pengumben, Jakbar.
Penyebab lain karena karet tutup radiator getas sehingga terjadi kebocoran melalui lubang pengisian. Jadi ada tiga kemungkinan penyebab mesin overheat. •(otomotifnet.com)


1. Di sini nih lokasinya sensor suhu, harus sering diperhatikan
2. Karet penutup radiator ikut andil bila mesin overheat
3. Selalu cek ketinggian air radiator seminggu atau dua minggu sekali
4. Kisi-kisi radiator rusak menghambat pendinginan

By : otomotifnet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar