Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Service Besar Ninja RR




Lama gak ngeblok sampe lupa cara merangkai kata-kata yang harus di buat.hehehe

oke sesui judul saya akan mencoba berbagi pengalaman dalam service besar ninja RR yang saya lakukan sendiri , semoga bermanfaat , saya juga mohon maaf kalau kalimatnya masih banyak yang salah atau malah kacau, maklum masih newbie.

oke langkah pertama yang harus kita lakukan adalah persiapan alat-alat yang di perlukan dan juga mungkin part2 penunjang yang memang harus di ganti , serta beberapa tambahan alat bantu lainnya.



A. Alat-alat utama dan pendukung.
1. kunci pas 8,10,12,14
2. kunci pas 8,10,12,14
3. kunci T 8,10,12,14
4. obeng +,-
5. kunci busi.
6. kunci L 4mm,5mm ( bila perlu 1 set)
7. tang.
8. tempat oli mesin ( bisa pakai teko plastik )
9. tempat air radiator ( bisa pakai teko plastik )
10. koran
11. kain gombal

B. Part Subsitusi
1. Paking Blok bawah ( optional )
2. Paking Blok atas ( blok 1878-> optional)
3. O-ring ( blok 1855-> optional)
4. paking blok kanan / bak kopling (optional)
5. air radiaor (optional)
6. oli mesin

7.packing kuping KIPS

8.packing knalpot

Setelah alat-alatnya tekumpul sekarang step by step dalam pembongkaran.
lepas jubah si RR terlebih dahulu , lalu pertama kita kuras oli mesin dan air radiator terlebih dulu,
buka baut pembuangan oli mesin yang berada pada posisi bawah mesin , sebelum nya kita sudah menaruh tempat buat penampungan oli tadi.
langkah berikutnya kita kuras air radiatornya , dengan cara membuka baut yang ada di posisi bawah bak kopling dengan kunci 10.



oke setelah kita selesai dengan urusan kuras menguras kita lalu lepas tangki bensin beserta box filter udaranya.



setelah tangki bansin dan box filter lepas lalu kita lepas juga slang air radiator yang ke bak koplinng dan head atas dengan menggunakan obeng +.



setelah selang terlepas , lalu kita lepas bak kopling terlebih dahulu, tapi sebelum itu kita lepas dulu tuas pengungkit super KIPS dengan menggunakan kunci pas/ring 10 , dan ingat membuka murnya putar ke arah KANAN.



setelah bak kopling terlepas lalu kita buka lima buat pengikat head terlebih dahulu.



setalah itu kita lepas knalpot dari blok, menggunakan kunci T 12mm



setelah semua baut ke lima head terlepas , dan knalpot punsudah kita lepas juga lalu kita buka kuping KIPS terlebih dahulu untuk membuka emapat baut pengikat blok yang ada di bawah.



setelah keempat baut pengikat blok terlepas , kita lepas plat pengikat blok terlebih dahulu menggunakan kunci ring dan T 12 dan 14.



setelah baut-baut plat pengikat blok terlepas dan kita lepas plat pengikat blok , kita posisikan piston berada di posisi paling bawah agar lebih mudah mencabut blok tersebut. dalam proses mecabut blok dari mesin berhati2lah saat ingin mengeluarkannya jangan sampe ring seher patah atau kenapa-kenapa , tarik dari bawah keatas secara perlahan. setelah blok dan head terlepas tempatkan di wadah yang cukup besar untuk tempat sementara sebelum dibersihkan , lepaskan mekanisme S-KIPS dengan kuci L 5mm dan kinci pas 10mm, ingat untuk membuka baut yang ada di batang KIPS putar kearah kanan untuk membukanya apabila sudah telepas semua keluarkan mekanisme S-KIPS dari blok silinder.

setelah itu kita lepas pistonnya juga untuk di bersihkan, utnuk melepas piston harus hati-hati pada saat melepas pen nya JANGAN DI KETOK,tapi di dorong pelan saja pake obeng dan piston di tahan biar gk goyang.



buka ring piston juga gk boleh pake obeng, cukup pake tangan dimulai dari ujung ring yang keluar dari pin got ring piston.

setelah piston lepas kumpulkan jadi satu dalam wadah blok tadi



setelah semua terkumpul hati-hati jangan sampai ada yang tercecer.

- untuk mebersihkan dinding silinder JANGAN DI AMPLAS, tapi cukup dibersihkan pake koran dan bensin.

- untuk got ring piston bisa dibersihkan pake bensin / carb cleaner dibantu jarum pentul /peniti.

- untuk muka atas piston bisa pake amplas halus 1000.

- untuk head gunakan crab cleaner untuk merontokan carbon2 yang menempel di headnya , jangan menggunakan sikat kawat atau benda tajam lainnya yang dapat menggores permukaan head piston, cukup di lap dengan koran atau kain saja setelah disemprot dengan carb cleaner tadi.



- untuk KIPS nya juga ikut bersihkan menggunakan carb cleaner.

- untuk bekas packing blok bawah bisa dibantu dibersihkan menggunakan silet untuk baik yang tebalnya , kalau bekasnya hanya tipis bisa menggunakan kain dan bensin.

- untuk part2 yang disemprot menggunakan carb cleaner harap di angin-anginkan terlebih dahulu sebelum di pasang kembali.

- sebelum dipasang kembali semua part tadi , pastikan semua part dalam kondisi bersih dan tak ada bekas kotoran atau geram.

- untuk merankitnya kembali kita pasang satu persatu secara terbalik dari saat kita membongkar part-part tersebut.

- oleskan pake olsam tipis2 baik di linner,piston maupun pennya sebelum blok kembali dipasang.

NB :

ganti oli mesin jika memang sudah jelek kualiatsnya, ganti air radiatornya jgua bila sudah jelek kualoitasnya tau cukup di tambah saja kalau memang sudah di bawah lower di penampung air radiator, gati paking / O-ring head jika sudah rusak , ganti packing blok bawah jika sudah tidak rusak , ganti packing bak kopling jika sudah jelek , ganti packing knalpot.

demikian tips dan cara yang saya praktekin sendiri , maaf kalau kalimatnya masih kacau , mohon maaf yah.

salam gas poll.:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar