Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Substitusi Kampas Kopling Jupiter MX




OTOMOTIFNET - Kata orang saat ini adalah era uang ketat, segala sesuatu jika dapat harus lebih hemat. Termasuk kala memilih komponen yang akan digunakan pada tunggangan.



“Perlu lebih cermat memilih barang lebih murah,” ungkap Budi, sebut saja begitu, penunggang Yamaha Jupiter MX 2007.

Sebenarnya ada beberapa peranti yang bisa diakali agar menjadi lebih murah, seperti kata Sutrisno mekanik bengkel umum di Jln Palmerah Barat Dalam II A, Jakbar.

“Beberapa komponen bisa diganti dengan milik motor lain, yang mungkin harganya lebih murah, salah satunya kampas kopling,” ujar lelaki berkacamata itu.

Oh, begitu Pak? Lantas bagaimana memilihnya ya? Kalau urusan bongkar-bongkar sih, serahkan ke bengkel saja. Tetapi sebagai pengguna dan pemilik tunggangan, perlu tahu kan cara memilih peranti substitusi itu.


Gbr 1
Gbr 2


Seperti kampas kopling Yamaha Jupiter MX ini, pertama-tama, pastikan diameter kampas dan ketebalannya sama dengan peranti asli alias genuine parts yang sudah digunakan sebelumnya.

Bisa minta diukur ketebalannya menggunakan sigmat (gbr.1). Tak usah ragu, minta saja pada penjualnya.

Nah, seperti kampas kopling MX ini, menurut lelaki yang pernah bekerja di Astra Honda Motor hingga akhir 80-an ini, ketebalannya bisa dilihat. “Sekitar 2,5 milimeter,” jelasnya seraya menunjukkan di layar sigmat digitalnya.


Gbr 3

Begitu mengukur milik Honda Karisma ketebalannya sama persis. “Lihat kan ketebalannya sama, kan?” Tetapi, buku-buku kampas antara milik MX dan Karisma tampak berbeda, milik Karisma memiliki kampas lebih tebal karena jarak antarbuku kampasnya lebih jauh ketimbang MX (gbr.2).

Hal lainnya, pelat koplingnya pun mesti dicocokkan dulu (gbr.3) kalau sudah sama diameter dan lebar pelatnya, pastilah bisa dipakai.

“Kalau Honda Karisma dan Jupiter MX ini pemasangannya plek-plek saja,” ungkap pemilik Honda CB antik ini. Jadi tak ada kesulitan apa pun saat pemasangannya.

Selain itu, dari segi harga pun cukup banyak perbedaanya, kalau kampas kopling Jupiter MX dilego di kisaran Rp 75-80 ribu per buah, sementera Karisma rata-rata Rp 125-140 ribu per empat buah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar