Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Mengatasi Lampu Sein Motor Mati

Sobat Bengkel Motor, lampu sein motor mati sering kali menimbulkan gangguan bagi pengendaraa lain, bahkan bisa menjadi penyebab kecelakaan lantaran saat berbelok, lampu sein mati padahal pengendara merasa sudah menekan tombol / saklar sein tetapi ternyata sein tidak hidup alias mati sehingga tertabrak oleh pengendara lain. Untuk menghindari dan mencegah kejadian tersebut kita harus dapat mengatasi lampu sein motor yang mati. Sobtiktak berikut akan saya berbagi mengenai penyebab dan cara mengatasi lampu sein motor mati.

Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Sein Mati

Flasher rusak

Flasher merupakan komponen yang berfungsi untuk membuat lampu sein bisa berkedip, bila komponen ini mati maka arus tidak akan mengalir menuju lampu sein alhasil sein tidak dapat hidup. periksa dengan menghubungkan 2 kabel yang terhubung pada flasher dan geser saklar sein jika sein hidup berarti flasher rusak (ganti flasher jika rusak) jika tidak hidup berati kerusakan ada pada komponen lain. 

Baterai / aki lemah 

Baterai / aki yang lemah / soak tidak dapat mensuplai kebutuhan arus pada komponen kelistrikan, tidak terkecuali lampu sein, sehingga baterai lemah tidak mampu untuk menghidupkan sein, periksa baterai apakah memiliki arus yang cukup atau tidak, cara mudah tekan tombol starter untuk menghidupkan motor, jika motor dapat berputar/hidup dengan mudah artinya baterai dalam kondisi baik, atau cara lain dengan menekan saklar Bel/klakson, jika klakson berbunyi keras artinya baterai OK, jika tidak artinya baterai lemah, Cara mengatasi Lakukan discharge / pengisian pada battery yang lemah.

Rangkaian lampu sein putus 

Rangkain kelistrikan lampu yang putus menyebabkan arus listrik tidak bisa mengalir, periksa kabel-kabel terkait dengan lampu sein mulai dari baterai, saklar , flasher sampi kelampu harus terhubung dengan baik. Perbaiki / sambungkan rangkaian lampu sein yang putus.

Bohlam lampu putus

Filamen bohlam lapu sein lah yang dapat berpijar jika dialiri listrik, jila filamen putus maka arus tidak dapat mengalir sehingga lampu tidak menyala, periksa bohlam lampu sein ganti jika filamen bohlam lampu putus.

Saklar rusak

Saklar merupakan pemutus dan penghubung listrik pada sein, jika rusak maka listrik dari baterai tidak dapat diteruskan ke flasher dan lampu sein, Perbaiki saklar yang rusak, bila perlu  gantilah saklar dan dengan yang baru.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar