Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Penyebab Kemudi Motor Berat

Sobat Bengkel Motor, mengendararai sepeda motor akan terasa nyaman bila motor dapat kita kendalikan sesuai dengan kemauan kita, akan tetapi akan sangat menjengkelkan bila mana motor susah kita kendalikan lantaran kemudi terasa berat atau bahkan terasa tertarik ke salah satu arah, hal ini mungki pernah sobat alami. Penyebab kemudi motor berat perlu kita telusuri agar kenyaman berkendara benar-benar terwujud

Penyebab kemudi terasa berat

Berikut akan saya bagikan hasil telusuran mengenai penyebab kemudi terasa berat dan cara mengatasinya:

Mur steering handle terlalu kencang 

Mur ini berfungsi untuk memastikan as kemudi terpasang dengan baik, tetapi jika terlala kencang akan menyebabkan kemudi susah bergerak sehingga teras berat, Cara memperbaikinya dengan melonggarkan mur steering handle, atur kekencangan dengan tepat lantaran jika terlalu longgar akan menyebabkan as kemudi menjadi oblak.

Steel Ball rusak

Steel ball / gotri berfungsi untuk mengurangi gesekan dan membuat pergerakan as kemudi menjadi ringan, jika steel ball / gotri mengalami keausan atau pecah pergerakannya menjadi terhambat sehingga kemudi menjadi berat, Cara memperbaiki ganti steel ball dengan yang baru sesuai standard dan jangan lupa jumlahnya harus sama jangan terlalu banyak pastikan juga berikan gemuk atau vaseline agar lebih ringan pergerakannya dan mengurangi gesekan sehingga menjadi awet.

Konus atau bantalan cincin peluru aus 

Konus atau konis berfungsi sebagai dudukan atau rumah steel ball dimana pada konis ini gotri berputar, jika konis mengalai kerusakan / aus menyebabkan gotri tidak bisa bergerak dengan mudah alhasil kemudi menjadi berat, Cara memperbaiki dengan mengganti konus atau bantalan cincin peluru, pastikan pemasangan konis betul-betul center tidak miring karena jika miring akan menyebabkan gesekan as kemudi dengan stell ball menjadi besar sehingga terasa berat.

Tekanan udara pada ban terlalu rendah 

Ban Kempes atau kurang angin menyebabkan gesekan dengan jalan menjadi semakin besar alhasil pergerakan kemudi menjadi berat, cara memperbaiki dengan menambahkan udara pada ban sesuai standard.

Penyebab Kemudi tertarik ke salah satu arah

Masalah yang sering muncul pada kemudi motor salah satunya adalah kemudi tertarik ke satu arah, hal ini kemungkinan disebab oleh beberapa hal dinatarnya:

  1. Roda depan dan roda belakang tidak segaris. Sepeda motor yang pernah mengalami kecelakaan atau benturan keras menyebabkan perubahan konstruksi salah satunya roda depan dan belakan tidak segaris cara memperbaiki stel posisi roda depan dan roda belakang hingga segaris. lakukan dengan press agar lurus dan segaris.
  2. Kaki garpu depan bengkok. Benturan keras juga dapat menyebabkan grapu depan bengkok, cara memperbaiki dengan meluruskan garpu depan.
  3. Poros depan benkok. Benturan keras juga dapat menyebabkan poros depan bengkok solusinya luruskan poros depan
  4. Rajawali tidak simetris, Rajawali merupakan pemegang garpu depan jika tidak semetris menyebabkan kemudi mengarah ke satu arah, solusinya pres rajawali agar center
  5. Kabel-kabel terjepit, Kabel gas atau kabel rem terjepit dapat mengakibatkan kemudi sulit bergerak bahkan menarik ke satu arah, solusinya pastikan tidak ada kabel-kabel yang terjepit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar