Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Penyebab Rem Tidak Pakem / Daya Pengereman Kurang

Sobat Bengkel Motor, Rem motor yang pakem memberikan ketenangan bagi pengendara saat mengendarai sepeda motor, apalagi saat-saat yang membutuhkan dengan cepat berhentinya motor atau berkurangnya kecepatan sangat dibutuhkan kerja sistem rem yang optimal, optimalisasi sistem rem sangat tergantung pada daya pengereman, semakin baik daya pengereman maka semakin optimal pula sistem rem yang digunakan, sebaliknya daya pengereman kurang akan menimbulkan bahaya dan rasa tidak tenang pengendara.

Penyebab daya pengereman kurang (jenis tromol)

  1. Penyetelan handle / tuas rem tidak tepat, Tuas rem berperan meneruskan tenaga dari pengendara untuk mengerakkan mekanisme rem dengan cara menarik kabel rem sehingga rem bekerja, jika penyetelan tuas rem tidak tepat akan berpengaruh pada penyaluran tenaga saat menekan tuas. cara perbaikan dengan menyetel handle / tuas rem, stel jarak main / free play tuas rem.
  2. Kanvas rem kotor. Debu-debu yang menempel hasil gesekan kanvas rem dengan tromol yang terlalu banyak menyebabkan daya pengereman berkurang, bersihkan kotoran yang menempel pada kanvas dan tromol dengan amplas / kuas, jika ada semprot dengan cairan pembersih atau ganti sepatu rem tromol.
  3. Kanvas / sepatu rem aus. sepatua rem aus menimbulkan berkurangnya daya gesek dengan tromol, lakukan penggantian sepatu rem dengan yang baru.
  4. Pemasangan lengan rem / cam rem tidak benar, perbaiki pemasangan lengan rem hingga benar dan pastikan dapat bergerak dengan maksimal..

Penyebab rem tidak pakem (jenis ckram)

  1. Piringan  rem / Cakram berminyak, adanya minyak yang menempel pada cakaram menyebabkan gesekan pad dan piringan tidak maksimal, untuk memperbaiki bersihkan piringan rem yang berminyak hingga bersih gunakan air sabun / detergent.
  2. Pad / kampas rem kotor,  debu bekas gesekan yang menempel mengurangi daya gesek antara pad dengan cakram, bersihkan pad / kampas rem dari kotoran, gunakan amplas untuk membersihkan, ganti jika perlu.
  3. Rem masuk angin / Terdapat udara dalam saluram minyak rem, terjebaknya udara pada sistem rem akan mengurangi daya tekan fluida padasistem rem,  Lakukan bleeding hingga udara hilang dari saluran minyak rem. baca cara mengatasi rem masuk angin / cara membleeding.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar