Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Penyebab Roda Depan Motor Bunyi

Sobat Bengkel Motor, kejadian ini benar-benar di alami teman saya belum lama ini, begini ceritanya....
Belum lama ini teman saya punya keluhan kalo ada bunyi "cuit...ciitt...cuit...citt" di roda bagian depan motor mio nya, karena tidak tahan bunyi tersebut lantaran banyak orang yang ngelirik kalo motor lagi dikendarai, bukan karena kecantikan teman aku ... tapi karena denger kaya ada banyak tikus ikut di motor nya. kagak kepengin rasa malu semakin besar akhirnya motor dilarikan ke bengkel....

Penyebab Roda Depan Motor Bunyi

Singkat cerita montir bengkel langsung beroperasi sigap jangan sampai tikus kagak ketangkep (hehehe maksudnya bunyi kayak tikus), roda depan akhirnya dilepas, montir juga melepas kampas ren cakram depan lantaran diagnosa montir langsung tertuju pada rem cakram depan, setelah terlepas dibersihin tu semua sparepart rem dengan amplas, merasa yakin terus dirakit dan roda dipasang, langsung montir lakukan tes drive tu motor mio di bawa keluar entah kemana tak berapa lama balik lagi.... "sudah selesai mbak" kata montir bengkel. Merasa yakin beres teman saya terus pulang setelah bayar itu montir.

Dalam perjalanan pulang memang tidak terdengar bunyi "cuit...ciitt...cuit...citt" lagi ...... selang beberapa Km ternyata tikusnya datang lagi alias terdengat bunyi "cuit...ciitt...cuit...citt" ... wah pusing nih teman aku....
Esoknya dia cerita ke aku.... langsung saja aku ke TKP sambil bawa kunci -kunci /peralatan berlagak kayak montir. Motor aku posisikan standar tengah, roda aku putar sambil dengerin suara / bunyinya.... disebelah kanan motor memang terjadi sedikit gesekan wajar cakram dengan kampas tapi bunyinya bukan "cuit...ciitt...cuit...citt", pindah ke sebelah kiri mulai tu terdengar bunyi yang dimaksud, suara terdengar dari rumah roda gigi indikator kecepatan, langsung roda depan aku lepas, dari laporan teman rem habis dibersihkan montir aku cek memang sudah bersih sambil berpikir kenapa masih bunyi juga terus aku periksa laher roda aman.....akhirnya aku periksa roda gigi indikator kecepatan, di telusur ternyata kabel speedometer sudah putus jadi tidak berfungsi.... di sana terdapat roda gigi berbahan plastik yang berfungsi memutar kabel speedometer, lantaran tidak berfungsi akhirnya roda gigi berbahan plastik aku lepas dengan mencongkel menggunakan obeng, kemungkinan bunyi berasal dari roda gigi tersebut. 
Setelah melepas roda gigi berbahan plastik tersebut, roda kembali aku pasang pada tempatnya dengan memasang as roda, tidak lupa aku cek betul kekencangan baut roda.

Tes drive aku lakukan sambil memperhatikan dan mendengarkan jika masih ada bunyi "cuit...ciitt...cuit...citt".... alhamdullilah ternyata bunyi hilang. Dari laporan teman sampai sekarang sudah tidak ada lagi tikus yang mengikuti alias sudah hilang tuh bunyi.....


Kesimpulan bunyi "cuit...ciitt...cuit...citt" pada roda tidak selamanya berasal dari gesekan cakram dengan kampas rem,... ternyata komponen indikator kecepatan speedmotor dapat menjadi penyebab jika sudah tidak berfungsi, jadi sebaiknya dilepas saja.
Semoga pengalaman ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar