Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Cara mengatasi rem cakram motor macet

Sobat Bengkel Motor, rem merupakan piranti kendaraan bermotor yang sangat vital, tida terkecuali pengguna sepeda motor oleh karena rem berperan untuk menghentikan atau memperlambat laju sepeda motor, tanpa adanya sistem rem motor yang kita kendaraan sulit untuk berhenti atau diperlambat sesuai dengan keinginan pengendara. sekarang coba anda bayangkan sedang mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi tiba-tiba ada seorang kakek yang sedang menyeberang jalan mungkinkah anda akan menabrak sang kakek?
tentunya anda akan berusaha untuk memperlambat atau menghentikan laju motor nah untuk ini diperlukan peran sistem rem. Sistem rem secara berkala harus kita periksa untuk memastikan piranti ini mampu bekerja dengan optimal apalagi jika motor sudah tergolong berusia tua. seperti motor supra keluaran 2002 milik teman.. mungkin pengalaman ini pernah terjadi pada sobat tiktak, begini ceritanya.
Saat berkendara dan melakukan pengereman ternyata tuas rem terasa keras atau berat dan saat tuas dilepas tidak segera kembali dan cakram terus tergesek oleh kanvas rem / pad alhasil bukannya berhenti tapi motor tetap nyelonong begitu saja, tidak mau berakibat lebih fatal akhirnya rem cakram dibongkar ternyata kanvas rem tidak mau kembali lantaran terdorong terus oleh piston yang macet alias tidak mau masuk kembali.  usut di usut penyebab bermula dari minyak rem kotor lantaran minyak sudah berumur dan terjadi endapan kotoran mengumpul di dalam silinder kaliper rem cakram, endapan kotoran menempel pada piston dan mengeras sehingga saat piston bergerak mengganggu pergerakan piston, jika hal ini dibiarkan terlalu lama dinding piston / silinder akan tergerus untuk itu segera lakukan perbaikan. Barang kali sobat atik utak motor kepengin tahu cara nya berikut saya bagikan:

Cara mengatasi rem cakram motor macet




  1. Posisikan motor pada standar utama atau standar tengah
  2. Lepaskan roda depan motor dengan melepas baut as roda
  3. Lepaskan kaliper rem dari dudukan yang menempel dengan shock beker
  4. Lepaskan selang rem dari kaliper dan keluarkan minyak rem, gunakan wadah/nampan untuk menampung minyak, hati-hati jika mengenai cat bisa rusak / mengenai tangan bisa iritasi dan gatal
  5. Keluarkan piston dari kaliper dengan menariknya, jika sulit gunakan udara bertekanan / kompresor untuk mengeluarkan piston, tiup dari lubang masuknya oli rem.
  6. Bersihkan piston dari kotoran atau karat dan periksa dari kemungkinan luka / goresan, jika kotoran / karat susah dibersihkan gunakan kompon untuk membersihkannya, kompon selain membersihkan karat dan kotoran juga menghaluskan permukaan piston yang tergores tipis, jika luka goresan piston terlalu dalam lakukan penggantian dengan piston yang baru agar minyak rem tidak bocor, baca juga penyebab minyak rem sepeda motor bocor.
  7. Bersihkan pula silinder dari kotoran atau karat bisa juga menggunakan kompon jika kotoran membandel
  8. Pasang kembali piston yang sudah dibersihkan berikut dengan kelengkapan lainnya, jangan lupa isi kembali minyak rem baru kedalam master silinder rem. yang tidak kalah penting buang udara yang terjebak di dalam sistem rem karena akan mengganggu proses pengereman baca cara mengatasi rem sepeda motor ngocok.
  9. Lakukan test drive untuk memastikan rem berfungsi dengan baik.

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar