Kotak Mesin Telusur / Mesin Pencari

Ayo Kita Sambut Dan Sukseskan
Gerakan Tagar "2019 GANTI PRESIDEN"
Mari Selamatkan NKRI Tercinta Ini
Dari Makar Jahat Kaum Sepilis Atheis
Serta Intervensi Asing Dan Aseng

Penyebab Motor Mogok dari Tutup Tangki

Sobat Bengkel Motor, Tips kali ini yang akan saya bagikan sebetulnya sangat sederhana, walaupun sederhana mungkin diantara sobtiktak mungkin ada yang belum tahu. Begini ceritanya, perlu diketahui bahwa syarat utama motor dapat hidup ada 3 hal yaitu:
  1. Adanya pengapian
  2. Adanya kompresi
  3. Adanya Suplai bahan bakar 
Jika salah satu dari 3 syarat utama tersebut tidak dipenuhi maka motor tidak akan hidup, lebih jelasnya kita harus memeriksa satu persatu, jika pengapian dan kompresi baik, kita harus fokus pada syarat ke-3 yaitu suplay bahan bakar, jika suplay bahan bakar tidak normal dapat menyebabkan proses pembakaran buruk alhasil motor juga bermasalah, apalagi jika suplay bahan berhenti otomatis pembakaran tidak akan terjadi alhasil menyebabkan motor tidak hidup alias mogok. memang komponen sistem bahan bakar cukup banyak jika aliran bahan bakar terhenti kita harus cek semua, tetapi jangan khawatir kita bisa membuat jalan pintas untuk memeriksanya. Berikut langkah-langkahnya
  1. Pastikan bahan bakar di dalam tangki masih ada, buka tutup tangki bahan bakar.... eeiiittt jangan tergesa-gesa ( karena di sini intinya tips ini ) perhatikan dan dengarkan saat membuka tutup tangki terdengar bunyi " beesss " atau tidak jika tedengar inilah masalahnya bunyi beess disebabkan adanya kevakuman di dalam tangki bahan bakar, walaupun bahan bakar masih ada tidak akan mengalir ke karburator meskipun bisa pasti alirannya tersendat alhasil motor kayak di cekik.
  2. Kalo sistem bahan bakar anda menganut keran otomatis yang bekerja berdasarkan kevakuman piston, setelah tutup tangki dilepas hidupkan mesin sebentar agar bahan bakar terhisap masuk karburator,
  3. Kalo sistem bahan bakar motor anda menganut keran manual setelah tutup tangki dilepas tunggu sebentar biar bensin mengalir ke karburator lebih dulu.
  4. Hidupkan mesin, jika mesin hidup dipastikan penyebabnya memang karena tutup tangki bermasalah, pada tutup tangki terdapat lubang kecil yang berfungsi sebagai Ventilator atau pernapasan, jika lubang tersebut tersumbat mengakibatkan udara tidak dapat masuk ke dalam tangki alhasil timbul kevakuman di dalam tangki sehingga bensin tidak dapat mengalir ke karburator.

Memperbaiki tutup tangki penyebab motor mogok

  • Pastikan lubang ventilator / pernapasan tutup tangki bersih dan tidak tersimbat, gunakan udara bertekanan / kompresor untuk membuang kotoran yang menyumbat lubang, jika diperlukan agar aliran bensin lebih lancar anda bisa mengebor tutup tangki dengan bor berdiameter 1 mm.
  • Pastikan tutup tangki tidak tertutupi oleh benda lain saat menutup Jok motor, kebiasaan pengendara menaruh barang / mantel (Jas hujan) di bawah jok terkadang menutup tutup tangki sehingga udara tidak dapat masuk ke dalam tangki bahan bakar.
Sobat Bengkel Motor, gmn mudah kan cara mengatasi penyebab motor mogok? selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar