
nah mengertikan maksud dari gambar saya kenapa saya butuh sampe 6 membran, tapi sebenrnya 4 sudah cukup karna sebenarnya ada sisa membran potongan yang masih bisa di pakai buat penyekat, tetapi kita harus membuat lubang dulu agar bisa di baud dan dapat terpasang kembali. memang terlihat agak sedikit boros sih, tapi demi hasil, tapi kalau tidak mau sampe 6 membran 4 saja cukup, asal mau telaten.hehehehe oke setelah perubahan pada membran selesai, kita ke step berikutnya, yaitu karburator , kenapa di sini saya butuh 2 pilot jet dan 1 nozzle karna untuk tiap motor biasanya kebutuhan akan suplay bensin di putaran bawah berbeda2 makanya nantinya silahkan di sesuikan PJ mana yang menurut bro-bro semua cocok, kenapa naik 1-2 step yah karna kebiasaan anak ninja gak suka dengan knalpot std pabrik.hehehehe lalu untuk apa nozzlenya , nah disinilah kunci dimana biar tarikan terus terisi dari bawah sampe atas, dan gejala LAG nya ilang ( tarikan mendadak kalau udah masuk 6000 RPM), ujung nozzle di gerinda setenganya, ujungnya aja. buat jelasnya lihat gambar yah.

kenapa saya potong, yah seperti yang sudah saya sebutkan tadi , Ninja RR kalau sudah mulai masuk 6000 RPM kadang-kadang pas dari RPM rendah mau masuk ke RPM tinggi berasa di sentak , karna dipotong inilah tenaga yang di hasilkan jadi lebih halus , dan menjadikan tenaga merata dari bawah samapai atas. sebenernya cukup pake bawaan nozzle karbunya , tapi kalau sayang-sayang yah silahkan beli satu lagi buat cadangan. Oke , membran sudah , Karbu sudah, selanjutnya Box Filter. Untuk Box Filter sendiri sebenarnya tidak otak-atik pun tidak masalah, tapi kadang-kadang pada tiap-tiap motor beda kebutuhan, seperti saya punya , di box filter saya harus di lubangi beberapa bagian , yah lebar lubangnya seukuran paralon yang biasa ada di kran kamar mandi, atau garasi depan rumah, cukup 1-2 lubang saja, tujuannya agar pasukan udara agak lega, karna saya masih pakai busa filter, kenapa saya tidak melepas busa filter???, karna banyak efek buruknya , dan dapat meruabah kevakuman yang ada di dalam box filter itu sendiri, jadi bisa2 apa yang sudah kita lakukan pada step-step sebelumnya tidak berhasil. setalah semua step kita lalui , terus kita sudah pasang lagi ke dalam motor kita, jangan lupa stel kembali pompa oli, setelannya sesuai std pabrik yah, gak usah di borosin, apalagi pake acara borosin dikit aja, justru salah kaprah itu.kalau kita memakai oli samping dengan std pabrik , justru idelanya yah setalannya std gak kurang gak lebih , jadi PAS, tapi kalau yang pake motul boleh di iritin dikit gak banyak-banyak. Oke sekarang kita telaah dari apa yang sudah saya jelaskan di atas , kenapa membran cara mendoublenya seperti itu, lalu nozzle di potong dan box filter mesti pakai busa dan di kasih beberapa lubang di tutup bagian atas box filter. Membran yang di double dengan cara di atas secara tidak langsung menaikan tinggi stopper , dan juga tidak membebani membran dasar untuk membuka optimal di putaran bawah karan tidak langsung tertekan oleh membran pendobelnya, sehingga bukaan membran bisa jadi lebih tinggi dan gas baru yang di hisap jadi lebih banyak. Nah kenapa box filter di kasih bebrapa rongga tambahan, gunanya itu tadi untuk membantu mengoptimalkan daya hisap dari dalam ruang mesin, karna membran yang terbuka tadi jauh lebih lebar, maka bahan bakar dan udara pun yang terhisap akan lebih banayak, kalau cuma salah satu saja yang berlebihan , otomatis motor jadi ga enak kan rasanya. Dan pada saat putaran tinggi membran akan tetap stabil membuka dan menutupnya karna tertahan oleh membran yang satunya lagi. Jadi secara langsung tenaga yang di hasilkan akan maximal dan merata dari bawah sampai atas. Mau di bawa bejeg-bejeg gas oke, mau di bawa santai dan di urut-urut gas nya ayo-ayo aja. Silahkan rasakan sensasinya. DENGAN CATATAN MESIN MASIH LAYAK PAKAI, SEHER/RING/BLOK MASIH DALAM KONDISI WAJAR , BARET DIKIT TIDAK MASALAH , DAN RUANG KRUKAS TIDAK TERJADI KEBOCORAN, PENGAPIAN BAGUS. sekian tips dan penjelasan dari saya , semoga bermanfaat yah, kalau masih ada salah-salah kata, yah harap maklum, namanya juga blogger NewBiew.Hehehe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar